PAYUDARA BESAR SEBELAH KIRI? INI 3 PENYEBAB YANG MUNGKIN TERJADI!

Pada umumnya, payudara yang besar sebelah ternyata menjadi hal yang biasa dimiliki sebagian besar perempuan. Meskipun demikian, Sobat Sehat yang perempuan tetap harus memperhatikan perbedaan ukuran payudaranya dengan seksama, ya. Sebab payudara besar sebelah kiri ini bisa menjadi salah satu pertanda dari penyakit tertentu.

Berdasarkan sebuah data, hampir lebih dari 50% perempuan di dunia ini ternyata memiliki payudara yang besar sebelah, khususnya sebelah kiri. Perbedaan antara payudara kanan dan bagian kiri ini bisa mencapai 20%, lho. Jadi, ketika Sobat Sehat mengalami besar payudara yang beda sebelah ini tidak perlu khawatir tapi tetap waspada jika disertai gejala lainnya .

Penyebab Payudara Besar Sebelah

Payudara merupakan susunan kelenjar lemak yang terletak di bagian depan dada. Pada umumnya, payudara ini terbentuk dari 12-20 lobus yang menyebar dan berpusar dari puting payudara. Jadi jika digambarkan akan menyerupai kerangka roda sepeda.

Jaringan-jaringan pada payudara ini ternyata bisa berubah pada siklus tertentu. Hal ini bisa membuat perubahan besar pada ukuran payudara sehingga akan terlihat seperti besar sebelah. Belum banyak penelitian yang mengatakan dengan pasti penyebab dari payudara besar sebelah yang sebenarnya.

Namun, ada beberapa penyebab dari payudara besar sebelah kiri yang perlu Sobat Sehat ketahui:

Perkembangan Payudara saat Remaja

Ketika Sobat Sehat atau anak dari Sobat Sehat yang perempuan mengalami pubertas, salah satu tandanya adalah membesarnya payudara. Nah, perkembangan ini belum pasti akan membuat payudara membesar secara simetris.

Jadi, tidak heran kalau ada yang mengalami payudara asimetris. Apabila ukuran payudara masih tetap sama ketika usia 16 tahun, maka payudara yang berbeda ukuran ini akan dimiliki hingga dewasa. Kondisi ini termasuk hal yang normal dan tidak perlu Sobat Sehat khawatirkan.

Kebiasaan Menyusui

Terbentuknya kebiasaan menyusui setelah melahirkan juga bisa menjadi penyebab utama dari payudara asimetris. Alasan inilah yang membuat busui disarankan untuk menyusui anak menggunakan kedua payudara secara bergantian.

Namun, menyusui juga tergantung akan keadaan, apakah ASI lancar dari kedua payudara atau justru hanya di salah satu bagian payudara saja. Jika hanya salah satu bagian saja yang keluar, maka tidak heran jika payudara akan besar sebelah.

Siklus Menstruasi Mulai Datang

Penyebab payudara besar sebelah kiri yang selanjutnya adalah memasukinya siklus menstruasi pada perempuan. Memasuki siklus menstruasi, hormon dalam tubuh perempuan ternyata mengalami perubahan. Salah satu akibatnya adalah membesar payudara, baik hanya satu bagian atau keduanya.

Hal tersebut karena hormon dalam tubuh perempuan akan mempengaruhi menegangnya atau membengkaknya kelenjar susu. Jadi, payudara yang besar sebelah ini merupakan suatu hal yang normal ketika mendekati masa menstruasi atau ovulasi.

Ketika memasuki siklus menstruasi, sebagian perempuan tidak hanya akan merasakan membesarnya payudara tapi juga rasa nyeri payudara. Selain itu, nyeri perut juga akan muncul ketika mulainya menstruasi.

Namun, keluhan-keluhan tersebut bisa Sobat Sehat tangani dengan mengompres dengan kompres hangat atau minum obat untuk nyeri menstruasi. Hal ini sebenarnya bukan keharusan tapi bisa menjadi salah satu solusi jika Sobat Sehat tidak kuat dalam menahan rasa sakitnya

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa payudara besar sebelah kiri yang mungkin bisa terjadi pada Sobat Sehat. Jadi, apabila Sobat Sehat mengalaminya, tidak perlu khawatir atau panik, ya. Sebab, masalah hormon dalam tubuh bisa menjadi penyebab utamanya.

Demikian penjelasan mengenai apa saja penyebab payudara besar sebelah kiri yang perlu untuk Sobat Sehat ketahui. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!