5 BAHAYA SINAR UV, HATI-HATI BISA SEBABKAN KANKER KULIT!

Akhir-akhir ini BMKG selalu memprakirakan paparan indeks UV di Indonesia selalu berada level tinggi hingga ekstrem. Akibatnya, di beberapa wilayah Indonesia mengalami peningkatan suhu maksimum di siang hari. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan karena bisa memberi dampak yang buruk pada tubuh. Apa saja bahaya sinar UV yang harus Sobat Sehat waspadai?

Apa itu Sinar UV?

Pada umumnya, sinar matahari sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D. Namun, ada bagian dari matahari yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang, yaitu sinar UV.

Sinar UV (ultraviolet) adalah radiasi gelombang elektromagnetik yang berasal dari matahari. Menurut WHO, radiasi dari sinar UV termasuk dalam kategori karsinogen, di mana bisa menjadi pendorong untuk terbentuknya sel kanker.

Ada tiga jenis sinar UV, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Dari ketiga jenis sinar UV tersebut, hanya UVA dan UVB saja yang bisa sampai ke permukaan bumi. Sedangkan UVC yang notabene paling berbahaya tidak bisa menembus lapisan ozon.

5 Bahaya Sinar UV terhadap Kesehatan

Pada waktu yang tepat sinar matahari bisa bermanfaat untuk kehidupan. Di lain pihak, terlalu lama terpapar sinar matahari juga tidaklah baik untuk kesehatan, apalagi paparan sinar UV. Berikut adalah bahaya sinar UV terhadap tubuh manusia:

1. Sunburns

Dampak yang sering terjadi karena paparan sinar matahari adalah kulit terbakar. Sunburns atau kulit terbakar ini merupakan akibat dari radiasi sinar UVB. Beberapa gejala dari sunburns di antaranya warna kulit kemerahan, kulit terasa perih, gatal, dan bisa terkelupas.

2. Warna Kulit Berubah

Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap menjadi salah satu dampak dari paparan sinar UV. Hal ini mungkin terdengar tidak berbahaya karena tidak sedikit orang yang memang sengaja untuk menggelapkan kulit mereka.

Saat terpapar sinar UV, tubuh akan secara otomatis memproduksi melanin lebih banyak. Nah, semakin banyak melanin pada tubuh, maka kulit pun juga akan semakin menjadi lebih gelap.

3. Kanker Kulit

Bahaya sinar UV yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Paparan dari sinar UV ternyata bisa membuat kromosom rusak dan akhirnya membuat adanya mutasi DNA di dalam tubuh. Akumulasi mutasi DNA yang terjadi terus-menerus nantinya akan menjadi cikal bakal dari sel kanker.

Sobat Sehat harus tahu bahwa kanker kulit ini menjadi penyakit kanker yang mudah ditemui di dunia. Di mana penyebab utamanya berasal dari radiasi sinar UV ini.

4. Penuaan Kulit

Hati-hati bagi Sobat Sehat yang sangat memperhatikan penampilan, sebab paparan sinar UV juga bisa mengakibatkan penuaan dini. Sinar UV ini dapat merusak kolagen yang berikutnya bisa mengurangi fleksibilitas dari kulit. Akibatnya, keriput akan muncul di sekitar kulit yang terpapar radiasi.

5. Bahaya Sinar UV untuk Mata

Tidak hanya kulit saja, sinar UV ternyata juga dapat merusak kesehatan mata, apalagi bagi orang-orang yang memiliki mata berwarna terang. Paparan sinar UV bisa menimbulkan fotokeratitis, sebuah keadaan ketika kornea mata terasa seperti terbakar.

Selain itu, terlalu sering terpapar sinar UV juga dapat mengakibatkan katarak, kerusakan retina, dan degenerasi makular yang bisa berakhir dengan kebutaan.

Tips Melindungi Tubuh dari Bahaya Sinar UV

Sobat Sehat bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah radiasi sinar UV, salah satunya dengan rutin menggunakan sunscreen atau sunblock. Ketika indeks UV sedang tinggi, Sobat Sehat bisa menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Apalagi jika Sobat Sehat sering beraktivitas di luar ruangan, maka sangat penting untuk sering menggunakan sunscreen. Nah, sunscreen yang aman untuk kesehatan ini bisa Sobat Sehat beli di Apotek K-24 dan aplikasinya K24Klik, lho.

Namun, lebih baik untuk konsultasi dengan apoteker di Apotek K-24 dulu, ya, agar cocok dengan kulit Sobat Sehat. Yuk, segera dapatkan sunscreen di Apotek K-24 untuk melawan sinar matahari yang menyengat kulit.