5 CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH SAAT CUACA PANAS YANG MENYENGAT

Akhir-akhir ini mungkin Sobat Sehat sering merasakan bahwa cuaca pada siang hari terasa sangat panas. Hal ini memang dibenarkan oleh BMKG yang mengatakan cuaca panas tidak biasa sedang terjadi di wilayah Asia Tenggara. Keadaan panas ini bisa menyebabkan kesehatan yang menurun. Jika demikian, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh di cuaca yang menyengat ini?

Cuaca yang sangat panas terkadang membuat kita kurang nyaman untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Bahkan, Kementerian Kesehatan RI sampai menghimbau masyarakat Indonesia untuk berhati-hati dan waspada ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Sebab, panas yang tidak biasa ini dapat berdampak besar pada kesehatan tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Menyengat

Paparan suhu panas yang berlebihan dapat memicu hartstroke, di mana menimbulkan beberapa gejala, seperti sakit kepala, jantung berdebar, dan kulit memerah. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan dehidrasi, pusing, kulit terbakar, mual, dan badan lelah.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan ketika cuaca panas menyerang. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan saat cuaca panas menurut Kemenkes RI:

1. Perbanyak Minum Air

Saat cuaca panas menyengat, cairan tubuh akan cepat menguap dan membuat Sobat Sehat merasakan sehidrasi. Maka dari itu, cara menjaga kesehatan tubuh yang pertama adalah minum banyak air putih.

Sobat Sehat bisa mencukupi kebutuhan air putih ini sebanyak 2-3 liter ketika suhu udara sangat panas. Selain air putih, minum air kelapa juga menjadi salah satu rekomendasi. Namun, Sobat Sehat disarankan untuk tidak minum teh, kopi, dan minuman tinggi gula lainnya.

2. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari

Apabila harus melakukan kegiatan di luar rumah atau ruangan, maka usahakan jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sobat Sehat bisa menggunakan topi dan payung untuk menghalangi sinar matahari.

Kontak langsung dengan sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar, meningkatkan risiko kanker kulit, melasma, kulit menghitam, dan berkurangnya elastisitas kulit.

3. Pakai Baju yang Ringan

Cara menjaga kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menggunakan pakaian dengan bahan ringan atau tipis. Selain itu, pastikan pakaian juga bersifat lebih longgar. Sebab, pakaian ketat dapat membuat kulit kekurangan udara.

Selain itu, jangan memakai baju yang berwarna gelap, lebih baik gunakan pakaian dengan warna terang. Warna gelap pada pakaian ternyata dapat menyerap panas hingga tubuh nantinya akan merasa lebih panas lagi.

4. Gunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Tabir surya atau sunscreen ini sangat penting digunakan ketika cuaca panas sedang menyerang. Jenis skincare ini dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV, seperti membakar kulit atau menyebabkan penuaan dini.

Apabila cuaca sedang panas menyengat, sebaiknya Sobat Sehat memilih tabir surya dengan nilai SPF minimal 30. Gunakan sunscreen ini lebih sering jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Sobat Sehat bisa datang ke Apotek K-24 untuk memilih tabir surya yang aman untuk kesehatan kulit.

Lakukan konsultasi dengan apoteker di Apotek K-24 terlebih dahulu agar mendapatkan sunscreen yang cocok dengan kulit.

5. Konsumsi Makanan Ringan yang Bergizi

Mengonsumsi makanan ringan yang bergizi ternyata menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh ketika cuaca panas. Cuaca yang panas bisa membuat nafsu makan menurun. Oleh karenanya, agar tubuh tetap memiliki energi, Sobat Sehat bisa makan makanan ringan yang bergizi.

Contoh snack yang bergizi ini adalah yogurt, kacang mete, kuaci, hazelnut, walnut, dan kacang-kacangan lainnya. Mencukupi kebutuhan nutrisi sangatlah penting untuk tubuh dapat melawan cuaca panas yang tidak biasa ini.

Cuaca panas yang menyengat membuat tubuh lebih rentan mengalami masalah kesehatan. Oleh karena itu, selalu dengarkan keadaan tubuh dan jangan memaksa untuk beraktivitas di luar ruangan. Yuk, jaga kesehatan saat cuaca panas bersama Apotek K-24.