MANFAAT IMUNISASI RUBELLA, TIDAK HANYA CEGAH RUBELLA SAJA!

Walaupun penyakit campak dan rubella ini berbeda, tetapi keduanya merupakan penyakit yang sama-sama dapat dicegah dengan imunisasi. Sebab, penyebab utama dari kedua penyakit ini adalah adanya infeksi virus. Lalu apa saja manfaat imunisasi rubella yang kini sudah wajib dilakukan bagi anak-anak?

Umumnya, imunisasi merupakan pemberian vaksin kepada anak yang bertujuan untuk mencegah penularan penyakit. Vaksin sendiri adalah substansi zat yang memiliki manfaat dalam membentuk sistem kekebalan tubuh. Sebab, perlindungan kesehatan untuk anak adalah prioritas bagi orang tua dan negara.

Apa itu Penyakit Rubella?

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai manfaat imunisasi rubella, yuk, kenali dulu sebenarnya apa itu penyakit rubella. Sama seperti namanya, rubella adalah penyakit yang disebabkan oleh virus rubella. orang yang terkena virus ini biasanya akan mengalami gejala seperti ruam-ruam merah, demam, batuk, sakit kepala, pilek, muncul benjolan di sekitar telinga atau leher, dan nyeri sendi.

Meskipun gejalanya hampir sama dengan penyakit campak, gejala rubella ini ternyata lebih ringan jika dibandingkan dengan campak. Kendati demikian, rubella bisa menjadi penyakit yang serius apabila menular pada ibu hamil yang sedang dalam trimester pertama.

Selain dapat menyebabkan keguguran, janin yang dikandung juga dapat lahir dengan keadaan tuli, kelainan jantung, atau katarak. Penularan penyakit rubella ini biasanya melalui kontak langsung dengan benda sudah terkena air liur penderita rubella.

Cara Mengobati Penyakit Rubella

Pengobatan untuk penyakit rubella ini ternyata bisa dilakukan di rumah saja, yaitu dengan meredakan gejalanya. Sobat Sehat dapat membeli obat paracetamol dan ibuprofen di Apotek K-24. Namun, sebelum membelinya, konsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker di Apotek K-24, ya.

Manfaat Imunisasi Rubella

Vaksin untuk penyakit rubella sebenarnya masuk dalam vaksin MMR yang berisi gabungan 3 virus yang sudah dilemahkan, yaitu campak, rubella, dan gondongan. Artinya, tidak hanya memberikan perlindungan dari rubella, vaksin ini juga melindungi dari virus campak dan gondongan.

Tujuan utama pemberian imunisasi rubella adalah merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi bisa melawan penyakit campak, rubella, dan gondongan secara efektif. Namun, manfaat imunisasi rubella ini tidak hanya sampai di situ saja.

Sebab, vaksin MMR ini juga dapat melindungi orang-orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin tersebut, seperti pengidap TBC, ibu hamil, alergi vaksin, dan orang dengan kelainan kekebalan.

Waktu untuk Imunisasi Rubella

Vaksin MMR ini sebenarnya sudah masuk pada program imunisasi anak dengan dua dosis. Pertama, diberikan pada anak yang sudah memasuki usia 12 sampai 15 bulan. Lalu dosis kedua diberikan ketika anak berusia 4 sampai 6 tahun.

Walaupun demikian, vaksin MMR juga disarankan pada orang dewasa yang sama sekali belum mendapatkan vaksin. Namun, bagi orang dewasa yang ingin mendapatkan vaksin harus ada jeda paling tidak satu bulan antara dosis 1 dan 2.

Walaupun penyakit rubella tergolong penyakit yang ringan, jangan sampai Sobat Sehat melewatkan manfaat imunisasi rubella, ya.