3 PERAWATAN KESEHATAN REPRODUKSI WANITA YANG BISA DILAKUKAN SETIAP HARI

Gaya hidup dan kesibukan yang dijalani para wanita saat ini membuat mereka mudah stres, pola makan buruk, dan lain-lain. Keadaan yang seperti ini tentu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, khususnya menimbulkan masalah kesehatan reproduksi wanita. Oleh karena itu, penting untuk Sobat Sehat mengetahui apa saja 3 perawatan kesehatan reproduksi wanita.

Sobat Sehat harus tahu bahwa sistem reproduksi pada wanita ini sangat bergantung pada hormon di dalam tubuh. Ada ketidakseimbangan hormon dapat memberikan dampak pada fungsi reproduksi. Selain itu, hampir sebagian besar penyakit yang diderita wanita berhubungan erat dengan sistem reproduksi.

Masalah Kesehatan Reproduksi Wanita

Sebelum mengulas 3 perawatan kesehatan reproduksi wanita  lebih lanjut, mari kita ulik mengenai masalah pada sistem reproduksi. Ada beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi pada organ reproduksi wanita.

Pertama, endometriosis, adanya jaringan yang tumbuh di luar rahim. Kedua, fibroid uterus merupakan tumor jinak yang tumbuh di sekitar dinding rahim. Ketiga, gangguan siklus menstruasi yang disebabkan ketidakseimbangan hormon.

Keempat, kanker yang muncul di organ reproduksi, seperti kanker ovarium, kanker serviks, kanker rahim, kanker vagina, dan kanker vulva. Kelima, polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah ketidakseimbangan hormon yang bisa mempengaruhi ovulasi.

3 Perawatan Kesehatan Reproduksi Wanita

Beberapa masalah di atas sebenarnya cukup berbahaya karena dapat mempengaruhi masa depan seseorang. Apalagi bagi para perempuan yang memiliki rencana untuk memiliki anak di kemudian hari. Sebab, gangguan pada reproduksi bisa mempengaruhi tingkat kesuburan perempuan.

Oleh karena itu, merawat kesehatan reproduksi sangat lah penting. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang harus Sobat Sehat ketahui:

1. Membersihkan Organ Reproduksi secara Rutin

Menjaga kebersihan organ reproduksi, khususnya vagina, bisa membantu Sobat Sehat untuk terhindar dari berbagai penyakit pada sistem reproduksi. Sebab, rutin membersihkan organ intim dapat menghambat atau mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri.

Berikut beberapa langkah dalam membersihkan vagina dan sekitarnya:

  • Setelah membasuh vagina dengan air, sebaiknya segera keringkan dengan bahan yang halus, seperti handuk, tisu, atau kain lainnya.

  • Basuh vagina dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya.

  • Gunakan pakaian dalam yang mudah menyerap keringat, contohnya pakaian yang berbahan katun.

  • Mengganti pakaian dalam sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Jalani Gaya Hidup Sehat

3 perawatan kesehatan reproduksi wanita yang selanjutnya adalah memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat. Pola hidup ini dimulai dari konsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat atau tidur cukup, kelola stres, dan rutin berolahraga.

Selain itu, Sobat Sehat juga dapat menambah asupan multivitamin atau suplemen yang mengandung folat. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dan menurunkan risiko gangguan kesuburan.

Berbagai produk yang mengandung folat bisa Sobat Sehat temukan di Apotek K-24 atau lewat aplikasinya di K24Klik. Tentu saja Sobat Sehat harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker yang ada di Apotek K-24. Hal ini untuk menentukan jenis multivitamin yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Hindari Perilaku Seks yang Berisiko

Tidak bergonta-ganti pasangan untuk berhubungan intim merupakan 3 perawatan kesehatan reproduksi wanita yang terakhir. Berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi bisa membahayakan nyawa. Sebab, tidak hanya penyakit organ reproduksi saja, tapi dapat menyebabkan penyakit menular, seperti sipilis, HIV, herpes genital, dan gonorrhea.

Selain itu, perilaku seks bebas juga berisiko menambah angka kehamilan pada remaja perempuan. Proses kehamilan dan melahirkan di usia dini juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya. Berbagai alat kontrasepsi ini juga bisa Sobat Sehat beli melalui Apotek K-24, lho.

Beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi wanita ini tidak hanya bertujuan untuk menghindari penyakit, tetapi juga meningkatkan peluang untuk hamil. Oleh karenanya, yuk, mulai jaga kesehatan organ intim Sobat Sehat dari sekarang jika belum.