SERING BUANG AIR KECIL APAKAH SEHAT ATAU PERTANDA PENYAKIT BERBAHAYA?

Sering buang air kecil apakah sehat atau tidak? Banyak orang mengira kalau sering buang air kecil bisa jadi tanda dari penyakit diabetes. Padahal masih ada berbagai penyebab lainnya yang membuat orang sering mengalami buang air kecil, baik sebab yang ringan hingga berat.

Apabila penyebab berbeda, maka penanganan atau pengobatannya pun juga berbeda. Oleh karena itu, penting bagi Sobat Sehat untuk mengetahui apa saja penyebab sering buang air kecil. Sebab, jika penyebab sudah diketahui, maka penanganan dapat dilakukan dengan tepat.

Sering Buang Air Kecil Apakah Sehat?

Pada keadaan yang normal, frekuensi buang air kecil biasanya sebanyak 4 hingga 8 kali dalam satu hari. Namun, frekuensi ini akan meningkat ketika Sobat Sehat terlalu banyak minum, mengonsumsi minuman berkafein, atau minum ketika akan tidur.

Artinya, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh bisa mempengaruhi frekuensi buang air kecil. Beda keadaan jika Sobat Sehat terlalu sering buang air kecil padahal makan dan minum yang masuk hanya sedikit.

Hal ini bisa menjadi salah satu kondisi medis yang sangat perlu untuk diwaspadai, apalagi jika ditambah dengan gejala-gejala lainnya. Oleh karena itu, memperhatikan apa saja makanan dan minuman yang dikonsumsi jadi sangat penting.

Penyebab Terlalu Sering Buang Air Kecil

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jawaban dari pertanyaan sering buang air kecil apakah sehat adalah tergantung akan kondisi. Sering buang air kecil karena terlalu banyak makan atau minum merupakan hal normal.

Namun, buang air kecil melebihi batas normal dengan waktu yang lama bisa menjadi keadaan berbahaya. Berikut beberapa penyebab mengapa sering mengalami buang air kecil:

a. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyebab sering buang air kecil yang umum terjadi adalah penyakit infeksi saluran kemih. Infeksi dalam saluran kemih biasanya terjadi karena adanya bakteri yang menyerang. Alhasil, timbul peradangan yang nantinya dapat mengganggu kemampuan kandung kemih dalam menahan air kencing.

Selain banyak buang air kecil, orang yang terkena infeksi juga mengalami gejala demam dan nyeri di perut bagian bawah.

b. Infeksi Ginjal

Penyakit yang satu ini sebenarnya masih berhubungan erat dengan infeksi saluran kemih. Sebab, infeksi ginjal bisa terjadi ketika ISK dibiarkan terlalu lama sehingga menyebar ke organ ginjal. Gejalanya pun hampir sama, hanya saja orang yang mengalami infeksi ginjal juga akan merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil.

c. Diabetes

Selain infeksi, diabetes juga menjadi salah satu penyebab sering buang air kecil yang paling umum terjadi. Mengapa bisa demikian?

Saat kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh tidak akan mampu menyerap glukosa dengan baik. akibatnya, ginjal berusaha mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin melalui urine. Hal ini bisa berlanjut sampai malam hari, ketika penderita harus terbangun hanya untuk buang air kecil.

d. Kandungan Kemih yang Overaktif

Sering buang air kecil apakah sehat? Hal ini tidak berbahaya jika penyebabnya adalah kandung kemih yang terlalu aktif (overactive bladder). Kandung kemih bisa sering mengalami kontraksi walau belum penuh dengan air urine. Alhasil, seseorang akan sering buang air kecil meski yang dikeluarkan hanya sedikit.

e. Efek Obat-obat Diuretik

Tujuan dari menggunakan obat-obatan diuretik adalah membuang cairan berlebih yang ada di dalam tubuh. Umumnya, obat yang memiliki efek ini adalah obat untuk pengobatan hipertensi dan gagal ginjal. Oleh karena itu, Sobat Sehat yang mengonsumsi obat ini akan sering mengalami buang air kecil.

Contoh obat-obat diuretik ini bisa Sobat Sehat temukan di Apotek K-24, atau kunjungi saja web K24Klik DI SINI. Tentu saja dalam penggunaan obat-obatan ini, Sobat Sehat harus berkonsultasi dengan apoteker K-24 terlebih dahulu. Konsultasi ini pun bisa dilakukan secara langsung atau online.

Itulah beberapa penyebab yang bisa mempengaruhi frekuensi buang air kecil. Selain kondisi medis di atas, sering buang air kecil juga bisa disebabkan karena gangguan saraf, kecemasan, diverticulitis, dan masuk masa kehamilan.

Demikian penjelasan mengenai sering buang air kecil apakah sehat, semoga rasa penasaran Sobat Sehat sudah terjawab.