HAH? JERAWAT JUGA BISA MUNCUL DI TESTIS?

Ternyata jerawat nggak hanya muncul di wajah, leher atau punggung saja lho. Jerawat juga bisa timbul di semua area tubuh yang berpori-pori, termasuk testis pria. Waduh. Kira-kira ini normal atau malah bahaya ya?

Nah sebelum kita bahas lebih lanjut, jangan lupa nyalakan bel notifikasinya agar Anda tidak ketinggalan update terbaru dari channel ini!

Jerawat bisa muncul pada skrotum testis karena adanya sel kulit mati, kotoran, dan minyak alami tubuh yang menyumbat pori-pori kulit skrotum. 

Jerawat di testis merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Biasanya kondisi ini disebabkan karena bagian testis dan selangkangan yang sering berkeringat dan lembab; kulit skrotum yang iritasi karena bergesekan dengan pakaian; atau testis yang sering tertahan bagian tubuh lain, seperti paha.

Tampilan jerawat pada testis mungkin terlihat seperti benjolan kecil mirip dengan komedo. Jerawat pada testis yang normal memiliki benjolan di luar kulit testis. Terkadang benjolan jerawat ini berwarna kemerahan, bengkak, atau bernanah seperti jerawat pada umumnya.

Nah jika benjolan muncul dari dalam kulit dan ciri-cirinya tidak seperti jerawat pada umumnya, maka kemungkinan besar terjadi masalah kesehatan lain pada testis.

Jika benjolan disertai perubahan warna pada skrotum, hal tersebut bisa menandakan gejala penyakit menular seksual seperti herpes, kutu kemaluan, atau sipilis.

Selain itu, jika ukuran benjolan cukup besar, bisa jadi testis Anda mengalami kista. Untuk memastikannya Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Jerawat di testis merupakan hal yang normal terjadi. Namun jika jerawat tidak kunjung sembuh, sebaiknya kunjungi dokter agar bisa mendapatkan pengobatan.

Sama halnya dengan jerawat di wajah, jerawat di testis juga bisa dicegah. Tentunya dengan menjaga kebersihan area kelamin.