CUCI MUKA DENGAN SABUN CUCI PIRING? JANGAN DICOBA!

Beberapa waktu lalu sempat viral adanya video seorang ibu yang mencuci wajah dengan sabun cuci piring. Jangan pernah mencoba mencuci wajah dengan sabun pencuci piring ya Sobat Sehat! Mencuci wajah dengan sabun cuci piring sangat tidak disarankan.

Sebagai bahan pembersih, sabun cuci piring mengandung zat kimia sabun yang keras dan ditujukan untuk membersihkan noda karena minyak sisa makanan. Sabun cuci piring bisa bersifat iritatif untuk kulit. 

Bisa dibayangkan, tangan kita saja jika terus menerus terkena sabun cuci piring bisa menjadi kering atau bahkan menyebabkan dermatitis kontak iritan, apalagi kulit wajah yang lebih tipis dan lembut.

Selain itu sabun cuci piring juga memiliki kadar ph yang tidak sesuai dengan kadar ph wajah. Ketidakseimbangan ph ini bisa menyebabkan berbagai masalah kulit lho. Misalnya seperti jerawat, kulit kering dan mengelupas, bahkan peradangan dan tanda-tanda penuaan.

Jadi, jangan coba-coba dan sebaiknya gunakan produk sesuai dengan fungsinya ya Sobat Sehat!

Jika Sobat Sehat ingin punya kulit yang sehat dan glowing, ada beberapa hal yang bisa Sobat Sehat lakukan. Misalnya, minum banyak air putih dan konsumsi makanan sehat dan bergizi. Tidur yang cukup, hindari stress, gunakan produk skincare sesuai dengan fungsinya, dan jangan lupa pakai sunscreen.