DUH, KASUS DBD LAGI NAIK NIH! YUK KENALI GEJALANYA!

Belakangan ini di beberapa daerah di Indonesia sedang mengalami tren peningkatan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Anak-anak cenderung lebih rentan terkena penyakit DBD dibandingkan dengan orang dewasa.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), umumnya ciri-ciri DBD pada anak akan muncul setelah 4-10 hari setelah infeksi awal terjadi. Berikut ini merupakan beberapa gejala DBD:

  • Demam tinggi terjadi secara tiba-tiba. Suhu tubuh dapat meningkat hingga 41 derajat celcius
  • Sakit kepala parah yang menyebabkan pusing
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening
  • Nyeri sendi dan otot yang parah
  • Ruam kulit yang biasanya muncul antara 2 dan hari setelah munculnya gejala demam

Tentunya, pengobatan demam berdarah perlu dilakukan untuk meredakan gejala dan menghindari komplikasi. Hal yang perlu dilakukan adalah istirahat dengan cukup dan menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan banyak minum air. 

Penderita juga bisa mengkonsumsi obat penurun panas seperti parasetamol. Mengkonsumsi suplemen tambahan untuk meningkatkan trombosit juga bisa dilakukan agar segera pulih. 

Untuk mencegah penyakit DBD, Sobat Sehat bisa melakukan gerakan 3M Plus, yaitu Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan sebagai penampungan air. Seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum atau penampung air lemari es.

Selanjutnya, Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, atau toren air. Memanfaat kan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Dan Plusnya adalah menghindari gigitan nyamuk.

Untuk menghindari gigitan nyamuk ini, sebaiknya selalu gunakan pakaian panjang dan tertutup saat berpergian. Selain itu, gunakan lotion anti nyamuk. Jika perlu, pasang kelambu di kamar agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Berbagai produk yang Anda butuhkan untuk meredakan gejala & mencegah demam berdarah bisa didapatkan di Apotek K-24 & K24Klik. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Apoteker kami ya Sobat Sehat!