TIPS MENJAGA ORGAN REPRODUKSI PRIA, WAJIB BACA!

Menjaga kesehatan organ reproduksi juga penting lho dilakukan oleh pria. Kesehatan reproduksi yang terjaga dengan baik bisa berkontribusi dengan kemudahan program hamil yang Anda dan pasangan rencanakan.

Lalu, gimana ya caranya agar organ reproduksi pria bisa terjaga dengan baik? Yuk simak tipsnya!

Pertama, Sobat Sehat harus menjaga testis dalam keadaan sejuk. Jika testis berada pada suhu yang optimal, maka produksi sperma bisa berlangsung dengan baik. Untuk memperbesar peluang kesuburan sperma, testis harus berada dalam suhu sekitar 34,5 derajat celcius atau lebih rendah dari bagian tubuh lainnya.

Untuk menjaga testis tetap berada dalam suhu yang sejuk, hindari penggunaan celana yang ketat dan hindari duduk terlalu lama seharian. Jika aktivitas banyak dilakukan duduk berjam-jam, sebaiknya ambil jeda sebentar sambil berjalan atau bergerak. Selain itu batasi mandi dengan air hangat atau air yang terlalu panas. 

Yang kedua, Anda harus menjaga kebersihan organ intim salah satunya dengan sirkumsisi atau sunat. Kulit penis yang tidak disunat bisa menjadi tempat bakteri berkembangbiak. Salah satu cara untuk mencegah agar tidak terlalu banyak bakteri yang berkembangbiak adalah dengan sirkumsisi atau sunat. 

Meskipun bukan suatu keharusan, sunat sering dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena HIV, kanker penis, infeksi HPV, hingga infeksi saluran kencing. 

Cara yang ketiga, terapkan perilaku seks yang aman. Hindari perilaku seks berisiko dengan berganti-ganti pasangan dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mendeteksi penyakit menular seksual. 

Selanjutnya adalah ejakulasi secara teratur. Menurut beberapa penelitian, ejakulasi yang teratur rupanya bisa mempengaruhi fungsi dari sel epitel zona perifer prostat untuk mencegah perubahan metabolik dari sekresi sitrat ke oksidasi sitrat. Ini merupakan proses yang muncul di awal pembentukan tumor prostat. Bahkan ejakulasi yang teratur bisa mengurangi pembentukan kristaloid di intraluminal prostat yang berhubungan pada risiko kanker prostat lebih tinggi. 

Tips selanjutnya yaitu kurangi rokok dan minuman beralkohol. Rokok memiliki zat karsinogenik yang bisa meningkatkan radikal bebas di tubuh, termasuk di organ reproduksi. Hal ini bisa menurunkan kualitas sperma dan semen. 

Sementara itu, konsumsi alkohol yang berlebihan bisa menurunkan level testosteron dan kualitas sperma & semen, menurunkan libido, bahkan berakibat impotensi. 

Nah, dengan menerapkan cara-cara tersebut, kesehatan reproduksi pria bisa lebih terjaga dan peluang untuk memiliki keturunan pun menjadi lebih besar. Namun jika sudah mencoba cara tersebut dan sudah rutin berhubungan seks dengan pasangan selama beberapa tahun tapi belum juga mendapatkan keturunan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.