WANITA WAJIB BACA! INI PENYEBAB VAGINA KERING

Sobat Sehat, pernah nggak sih merasa nyeri saat berhubungan seks gara-gara vagina kering?
Hubungan seks akan terasa lebih nyaman saat vagina sudah terlubrikasi dengan baik. Karenanya, diperlukan sejumlah rangsangan atau foreplay sebelum berhubungan seks agar proses lubrikasi vagina bisa terjadi secara alami.
Tapi ternyata ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan vagina tetap kering meskipun sudah diberikan rangsangan. Hmm, kok bisa ya? Hal ini tentu membuat momen bercinta menjadi kurang nyaman bahkan menimbulkan rasa nyeri, iritasi, hingga sensasi terbakar. 
Secara alami vagina memiliki kemampuan untuk melubrikasi dirinya sendiri. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang membuat proses ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Salah satu penyebab paling umum dari vagina kering adalah penurunan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Vagina sangat bergantung pada hormon estrogen untuk bisa melubrikasi dirinya secara alami.
Penurunan kadar estrogen ini biasanya terjadi saat menopause atau perimenopause, setelah melahirkan, atau selama menyusui. Selain itu, dalam beberapa kasus vagina yang kering saat bercinta juga bisa disebabkan oleh libido yang rendah atau masalah seksual dengan pasangan. Jika pasangan memiliki masalah ejakulasi dini atau kurang bisa memuaskan, maka hal ini akan berpengaruh pada lubrikasi vagina.
Kemudian, penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa memiliki efek mengeringkan beberapa cairan tubuh, salah satunya adalah pelumas pada vagina. Iritasi bahan kimia dalam sabun, produk kebersihan, dan parfum juga bisa menyebabkan terjadinya masalah pada vagina.
Tak hanya itu, faktor psikologis dan emosional seperti stress dan gangguan kecemasan juga bisa mengganggu hasrat seksual dan menyebabkan vagian menjadi kering.
Perawatan untuk vagina yang kering ini berbeda-beda tergantung dengan penyebabnya. Wanita yang mengalami masalah dengan lubrikasi vagina karena perubahan hormonal biasanya akan direkomendasikan untuk menjalani terapi estrogen.
Selain itu ada juga hal lain yang bisa Sobat Sehat lakukan untuk mengurangi rasa nyeri selama berhubungan seksual akibat vagina yang kering. Misalnya dengan menggunakan pelumas. Jika Sobat Sehat mengalami vagina kering dan terasa mengganggu, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat.