CUKUR KETIAK BISA BIKIN HITAM? BENERAN GAK SIH?

Ketiak yang menghitam seringkali membuat kita kurang percaya diri. Nggak sedikit yang menganggap jika ketiak menghitam karena kebiasaan mencukur. Eits, ternyata ada berbagai hal lainnya yang juga bisa menyebabkan ketiak menghitam lho.

Pada beberapa orang, kulit ketiak bisa tampak menghitam. Ternyata, ada beberapa kondisi yang menyebabkan ketiak menjadi hitam. Kita bahas yuk!

Pertama, karena iritasi kulit ketiak. Biasanya kondisi ini disebabkan karena sering mencukur atau mencabut bulu ketiak. Sehingga kulit mengalami iritasi dan memicu produksi melanosit, yaitu sel penghasil pigmen secara berlebihan.

Penyebab berikutnya adalah karena infeksi bakteri. Bakteri biasanya tumbuh subur jika seseorang banyak berkeringat, tinggal di lingkungan lembap, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita masalah kesehatan tertentu. 

Kehamilan juga bisa menyebabkan kulit ketiak menghitam lho. Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, salah satunya adalah kulit ketiak yang menghitam. Kondisi ini terjadi karena perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan melanin kulit. 

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebut Acanthosis Nigricans. Penderitanya dapat mengalami penebalan dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Munculnya tak hanya di ketiak, tapi juga bisa di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan pangkal paha. 

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti kelebihan berat badan, diabetes tipe 2, gangguan hormon, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Nah bagi Sobat Sehat yang memiliki masalah ketiak hitam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketiak hitam. Tapi harus diketahui dulu ya penyebabnya! 

Yang pertama, jaga kulit ketiak agar tidak iritasi. Jika sering mencukur bulu ketiak, coba mandi dengan air hangat terlebih dahulu dan gunakan krim atau gel cukur agar kulit ketiak tidak iritasi.

Jika kulit ketiak sering iritasi setelah menggunakan deodoran, sebaiknya ganti dengan deodorant tanpa pewangi atau hentikan penggunaan deodoran untuk sementara waktu. 

Gunakan pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Sebab, keringat berlebih bisa menyebabkan kulit ketiak rentan mengalami iritasi. 

Sementara itu, jika kulit ketiak hitam disebabkan oleh penyakit acanthosis nigricans, penanganannya bisa dengan mengobati penyebabnya. Misalnya jika disebabkan karena obesitas, maka pengobatannya bisa dengan menurunkan berat badan.

Jika penyebab ketiak hitam karena gangguan hormon dan infeksi bakteri, konsultasikan pada dokter agar bisa diberikan pengobatan yang tepat. Dokter juga bisa menyarankan perawatan dengan terapi laser dan dermabrasi untuk mengatasi ketiak hitam.