TERLALU SERING PAKAI EARPHONE? KENALI GEJALA AWAL GANGGUAN PENDENGARAN

Tak sedikit orang yang menggunakan earphone untuk sekedar mendengarkan musik saat bekerja, belajar, berolahraga, ataupun aktivitas lainnya. Bahkan, penggunaannya pun semakin meningkat di masa pandemi ini.

Penggunaan earphone terbilang cukup aman jika dalam jangka waktu yang pendek dan volume kecil. Namun penggunaan dengan volume keras dan terus menerus dalam jangka waktu lama bisa mempengaruhi kesehatan telinga. Lalu, seperti apa gejala awal gangguan pendengaran akibat penggunaan earphone?

Struktur anatomi telinga terbagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, tengah, dan dalam. Penggunaan earphone dalam jangka lama bisa berdampak pada telinga bagian luar dan dalam.

Pada telinga bagian luar, terdapat kulit telinga yang sangat tipis dan memiliki banyak pembuluh darah halus. Penekanan earphone dalam waktu lama bisa menyebabkan pembengkakan liang telinga dan menyebabkan rasa nyeri yang mengganggu. Bahkan rasa sakit ini bisa sampai kepala dan mengganggu proses mengunyah makanan pada rahang bagian sisi yang sama dengan telinga yang sakit.

Kemudian, pada telinga bagian dalam banyak terdapat saraf-saraf pendengaran yang bisa mengalami kelelahan saat ada suara yang terus menerus dalam intensitas yang lama. Kondisi ini pun bisa menyebabkan telinga berdenging. Jika dibiarkan, maka secara perlahan telinga pun bisa mengalami penurunan pendengaran.

Menggunakan earphone dangan volume tinggi dalam waktu lama tak mustahil akan membuat penurunan kemampuan pendengaran yang menetap atau permanen. 

Karenanya, jika Anda merupakan pengguna earphone yang cukup sering mendengarkan musik dengan volume tinggi dan Anda merasakan nyeri tajam pada area tertentu dalam telinga, sebaiknya kurangi frekuensi penggunaan dan segera konsultasikan pada dokter spesialis THT.

Source:

 Dikutip dari berbagai sumber