USIA PERNIKAHAN BARU SEBULAN TAPI UDAH HAMIL 5 MINGGU? INI CARA MENGHITUNG USIA KEHAMILAN!

Membicarakan mengenai usia kehamilan dan pernikahan mungkin bisa membingungkan dan menyebabkan salah paham bagi sebagian besar orang. Apalagi jika usia kehamilan lebih tua daripada usia pernikahan. Padahal hal ini wajar saja terjadi lho.

Tak sedikit orang mengira jika usia kehamilan dimulai saat pasangan melakukan hubungan suami istri yang dianggap sebagai waktu pembuahan. Padahal secara medis, usia kehamilan dihitung sesuai dengan HPHT atau hari Pertama Haid Terakhir. 

Menghitung usia kehamilan sangat penting untuk mengetahui perkembangan janin. Jadi Sobat Sehat harus memahami cara penghitungan usia kehamilan menurut HPHT.

HPHT adalah hari pertama haid pada bulan terakhir sebelum wanita tidak lagi menstruasi dan dinyatakan hamil. Misalnya jika Sobat Sehat mendapatkan menstruasi terakhir di tanggal 15 Desember sampai dengan 20 Desember. Di bulan Januari sudah tidak haid lagi dan sudah positif hamil. Artinya HPHT Anda adalah 15 Desember. Nah, dari tanggal ini dokter bisa menghitung usia kehamilan Sobat Sehat.

HPHT juga sangat penting untuk menentukan HPL atau hari perkiraan bayi lahir. Jadi untuk Sobat Sehat yang sedang merencanakan kehamilan, jangan lupa untuk selalu mencatat atau menandai tanggal menstruasi. Agar nantinya jika sudah positif hamil dan periksa ke dokter Sobat Sehat punya catatan kapan terakhir menstruasi.


Source: Dikutip dari berbagai sumber