CATAT! KEBIASAAN INI BISA BIKIN RAMBUT MUDAH RONTOK LHO

Catat! Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambut Mudah Rontok Lho

Seiring bertambahnya usia, rambut seseorang memang bisa semakin menipis. Namun ada beberapa hal lainnya yang bisa memperparah kondisi tersebut. Misalnya seperti beberapa kebiasaan yang mungkin jarang kita sadari bisa menyebabkan rambut rontok dengan mudah.

Rambut rontok memang suatu hal yang normal, namun hal ini bisa dianggap kurang wajar jika rambut rontok lebih dari 100 helai tiap harinya. Kondisi ini pun bisa terjadi di satu area atau lebih di kulit kepala. Jika hal ini masih terus berlanjut, maka berisiko terjadi kebotakan.

Hindari beberapa kebiasaan berikut yang bisa menyebabkan rambut rontok ya Sobat Sehat. Yuk simak selengkapnya!

Salah Perawatan & Sering Ganti Produk Perawatan Rambut

Saat ini banyak alat yang bisa membantu menata rambut dan sangat praktis jika digunakan. Misalnya seperti hair dryer, catokan, hair spray, hair gel, wax, dan lain sebagainya. Meskipun bisa membantu mempercantik rambut, namun ternyata terlalu sering menggunakan alat penata rambut bisa merusak protein yang membentuk rambut dan kutikula pelindungnya lho.

Jika hal ini terjadi, kelembapan rambut pun akan terganggu dan rambut akan mudah rontok.

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan tekanan berlebih pada folikel rambut. Folikel rambut pun bisa melemah dan membuat rambut tidak tumbuh kembali. Hal ini bisa juga disebut traction alopecia atau kebotakan akibat tarikan.

Sering Mengkonsumsi Junk Food Atau Makanan Cepat Saji

Faktanya, terlalu sering mengkonsumsi junk food merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Mengkonsumsi makanan ini tak akan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk rambut, pasalnya makanan ini tak mengandung iron, protein, dan zinc.

Diet Berlebih

Makanan yang kita konsumsi memang bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Diet berlebihan bisa membuat asupan makanan yang masuk dalam tubuh diarahkan pada organ yang penting seperti otak dan jantung. Akibatnya, kesehatan rambut pun terabaikan dan menjadi mudah rontok. 

Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan rambut, Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya protein misalnya seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

Stress

Salah satu penyebab rontok secara terus menerus adalah stress. Karenanya, jika Anda sedang mengalami masalah yang berat, cobalah untuk mencari cara agar lebih rileks. Dengan mengelola stress dengan baik, maka rambut rontok pun akan berkurang.

Mengabaikan Masalah Kulit Kepala 

Masalah kulit kepala bisa menyebabkan rambut rontok. Misalnya seperti ketombe, infeksi jamur di kulit kepala, dan psoriasis. 


Penyebab rambut rontok secara terus menerus bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Jangan sepelekan kerontokan rambut ya Sobat Sehat! Jika kerontokan bertambah parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.



Source: 

Dikutip dari berbagai sumber