SAAT ANAK DEMAM, KOMPRES AIR DINGIN ATAU HANGAT? SIMAK BIAR NGGAK KELIRU!

Demam merupakan salah satu gejala penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Saat badan sudah mulai panas, orangtua pun akan merasa khawatir. Biasanya para orangtua akan menempelkan kompres pada dahi anak agar suhu tubuhnya bisa segera turun. Namun untuk mengompres saat demam, air hangat atau dingin yang sebaiknya kita gunakan? Karena jika salah justru bisa membuat kondisi kesehatan anak semakin tidak membaik lho Sobat Sehat.

Demam merupakan salah satu gejala penyakit seperti flu, radang tenggorokan, sinusitis, radang paru, dan lain sebagainya. Demam tak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, namun juga anak-anak. Demam pada bayi dan anak-anak biasanya menyebabkan kenaikan suhu tubuh menjadi lebih dari 37 derajat celcius. Biasanya saat suhu tubuh terus meningkat, si kecil akan mulai rewel, terlihat lemas, bahkan menggigil atau berkeringat.

Saat anak mulai demam, kita seringkali mengompres dengan air dingin karena air dingin dianggap bisa menurunkan panas tubuh. Namun ternyata cara ini keliru lho Sobat Sehat.

Mengompres tubuh yang demam dengan air dingin malah bisa meningkatkan suhu tubuh. Saat demam, tubuh akan mengeluarkan panas yang merupakan reaksi alami untuk mempertahankan diri. Karenanya, jika kita mengompres air dingin pada tubuh anak yang sedang demam, tubuh pun akan menganggap sebagai ancaman dalam melawan infeksi. Tubuh pun akan meningkatkan suhunya dan demam menjadi semakin parah. 

Tak hanya itu, kompres air dingin juga bisa menyebabkan suhu tubuh anak menurun dengan mendadak sehingga bisa menyebabkan badan jadi menggigil. Karenanya, sebaiknya jangan mengompres anak yang sedang demam dengan air dingin ya Sobat Sehat!

Mengompres anak yang demam dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat merupakan cara yang tepat untuk menurunkan suhu tubuh. Hal ini terjadi karena saat si kecil mendapatkan kompres air hangat, tubuh akan mendapatkan informasi jika suhu di sekitar tubuh sedang hangat. Sehingga tubuh akan menurunkan suhunya secara otomatis. Kompres air hangat pun bisa membuka pori-pori dan panas dalam tubuh bisa keluar melalui pori-pori tersebut.

Sudah tahu kan kompres apa yang sebaiknya diberikan pada anak yang sedang demam? Jangan sampai salah mengompres tubuh anak yang sedang demam ya Bunda! Jika demam belum juga mereda, berikan obat penurun panas juga konsultasikan dengan dokter. Tersedia berbagai obat penurun panas untuk anak di Apotek K-24.



Source:

Diolah dari berbagai sumber