JARANG DISADARI, INI FAKTOR YANG PENGARUHI KEKEBALAN TUBUH SESEORANG

Kekebalan tubuh seseorang berfungsi untuk mendeteksi dan menghalau kuman, bakteri, atau “benda asing” dalam tubuh yang menyebabkan penyakit. 

Dilansir dari CNN Indonesia, ada beberapa faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda dan mungkin tak disadari. Misalnya seperti tidur, diet, tingkat stress hingga kebersihan. Beberapa hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja kekebalan tubuh Anda. 

Untuk lebih informasi lebih lanjut, simak ulasan berikut!

Siklus Tidur

Menurut penelitian, tubuh akan mengalami penurunan kadar hormon stress atau kortisol saat tidur. Karenanya, sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh siklus bangun tidur dari ritme sirkadian tubuh.

Asupan Nutrisi Makanan

Menurut penelitian, vitamin C, A, E, B6, B12 serta mineral seperti zat besi dan seng sangat penting untuk memelihara kekebalan tubuh. Semua zat gizi ini dapat ditemukan dalam buah dan sayuran.

Kebersihan

Kebersihan pun mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Karenanya, jangan lupa menjaga kebersihan ya Sobat Sehat! Salah satu caranya adalah dengan rajin mencuci tangan, terutama setelah melakukan berbagai aktivitas. 

Lingkungan

Lingkungan berperan besar dalam komponen sistem imun. Beberapa aktivitas sistem imun seperti eliminasi bakteri, jamur, dan virus pun dipengaruhi oleh faktor genetik. Faktor lingkungan bereaksi lebih lambat dalam mengatasi mikroba tersebut. Meski begitu, kemampuan faktor lingkungan dalam mengeliminasi ini lebih spesifik dan bertahan lama.

Usia

Usia merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sistem imun tubuh. Semakin bertambahnya usia maka aktivitas sel-sel imun akan menurun.

Stress

Daya tahan tubuh pun turut dipengaruhi oleh stress. Jika mengalami stress, kadar hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat dan dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Beberapa faktor tersebut dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Jangan diabaikan lagi ya Sobat Sehat biar nggak gampang terserang penyakit!


Source:

CNNIndonesia.com