SERING TIDUR DENGAN KIPAS ANGIN MENYALA? INI DAMPAKNYA!

Udara yang panas membuat orang menggunakan kipas angin untuk menyejukkan ruangan. Bahkan saat tidur pun orang tidak akan ragu untuk menyalakan kipas angin agar tidak kepanasan. Padahal tidur dengan kipas angin menyala kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan tertentu.

Lalu, dampak kesehatan apa saja yang bisa terjadi jika kita tidur menggunakan kipas angin yang menyala? Yuk simak penjelasannya!

Alergi & Asma

Kipas angin yang kotor bisa menyebabkan kambuhnya asma dan alergi, karena debu yang menempel akan berterbangan di dalam ruangan dan dapat terhirup tubuh. Sehingga hal ini dapat menyebabkan munculnya gejala asma dan alergi. Karenanya, jangan lupa bersihkan kipas angin dengan rutin ya!

Hipertermia

Menggunakan kipas angin di malam hari dengan berlama-lama dapat menyebabkan hipertermia. Kondisi ini terjadi saat tubuh berada di atas normal (36°c) dan terus berada di tingkatan yang lebih saat tubuh tak mampu menahan panas.

Karenanya, saat cuaca sangat panas, sebaiknya Anda tidak menyalakan kipas angin di dalam ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara. Sebaiknya buka jendela saat menyalakan kipas angin ya Sobat Sehat. 

Bell Palsy

Menyalakan kipas angin sampai tertidur bisa menyebabkan dampak buruk seperti bell palsy lho. Penyakit ini merupakan sebuah kelumpuhan yang menyerang wajah seseorang. Hal ini terjadi karena wajah terpapar suhu dingin dari angin sehingga jadi lebih menegang. Saat terkena penyakit ini, wajah akan terasa tegang dan sulit tersenyum dan berekspresi.

Kurang Oksigen & Cairan Tubuh

Tidur dengan kipas angin yang menyala mungkin akan terasa menyejukkan. Namun ternyata jika kipas angin terus berputar dengan kencang justru bisa menyebabkan paru-paru tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. 

Selain itu, tidur semalaman menggunakan kipas angin juga bisa menyerap kadar air dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan, kelembapan tubuh akan menurun dan membuat Anda merasa haus di tengah malam.


Meski begitu, anggapan bahaya tidur menggunakan kipas angin yang menyala memang belum terbukti sepenuhnya dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Jika Anda memang ingin menggunakan kipas angin untuk menyejukkan ruangan, sebaiknya jangan arahkan langsung pada tubuh. Selain itu, sebaiknya bersihkan kipas dengan rutin agar kipas angin tidak menyebarkan debu dan kotoran yang menyebabkan penyakit.


Source:

Dilansir dari beberapa sumber