CIRI PENYAKIT JANTUNG DI USIA MUDA YANG WAJIB DIKETAHUI!

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Menurut data dari WHO, pada tahun 2019 sendiri ada sekitar 17,7 juta orang di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Penyakit jantung memang tidak mengenal usia dan bisa menyerang siapa saja. Namun, penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah penderita penyakit jantung di usia muda. Akan tetapi tidak banyak anak muda yang menyadarinya. Karenanya, sangat penting untuk mengenai apa saja ciri penyakit jantung di usia muda agar bisa terdeteksi sejak dini dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berikut ini merupakan ciri yang menunjukkan Anda bisa jadi terkena penyakit jantung meskipun masih dalam usia yang produktif.

Detak Jantung Tidak Teratur

Jantung yang berdebar wajar terjadi jika Anda merasa terlalu gugup atau bersemangat. Detak jantung yang tidak teratur seringkali disebabkan karenanya banyaknya kafein dalam tubuh atau kurang tidur. Namun dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa menandakan atrial fibrilasi atau gangguan irama jantung. Karenanya, jika terlalu sering merasakan detak jantung yang tidak beraturan, sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter. 

Lemas & Mudah Lelah

Tubuh lemas setelah melakukan aktivitas memang merupakan kondisi yang wajar, apalagi jika Anda telah melakukan aktivitas fisik yang berat seharian.

Akan tetapi, jika tiba-tiba Anda merasa mudah lelah bahkan napas terengah-engah setelah melakukan aktivitas ringan yang sebelumnya tidak membuat Anda kelelahan, bisa jadi hal ini merupakan tanda adanya gangguan pada jantung.

Nyeri Dada yang Menjalar ke Leher Atau Lengan

Salah satu ciri yang khas dari penyakit jantung adalah munculnya rasa nyeri berat di dada. Rasa nyeri yang terjadi secara mendadak ini pun dapat menjalar ke lengan, leher, bahu, hingga rahang.

Tekanan Darah Tinggi

Seiring dengan bertambahnya usia, umumnya tekanan darah akan meningkat. Namun, pada usia 20-an dan awal 30-an, sekitar 7% pria dan wanita sudah memiliki tekanan darah tinggi. Jika tidak terkontrol dengan baik, hal ini bisa menyebabkan berbagai penyakit jantung. Misalnya seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, atau penyakit arteri perifer. 

Pusing

Pusing dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya seperti kurang makan atau minum, dehidrasi, stress, hingga kelelahan. Namun Anda perlu waspada jika sering merasa pusing secara tiba-tiba yang disertai dengan rasa tidak nyaman atau sesak di dada.

Jika Anda sering merasa pusing bahkan terasa seolah akan pingsan, bisa jadi Anda mengalami penyakit jantung di usia muda. Rasa pusing ini umumnya disertai dengan perasaan tidak stabil hingga sakit pada dada yang terasa sesak. Jika mengalami hal ini, sebaiknya jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.



Terlepas dari beberapa ciri tersebut, penyakit jantung juga bisa menimbulkan berbagai gejala lainnya. Misalnya seperti sesak napas, pucat, pingsan, muncul rasa cemas atau gelisah, detak jantung menjadi lebih cepat atau lambat, juga mata berkunang-kunang. 

Risiko penyakit jantung memang tidak bisa dikendalikan. Meski begitu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Misalnya seperti menjaga pola hidup sehat, mengelola stress dengan baik, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol, juga melakukan olahraga teratur.

Penyakit jantung merupakan kondisi berbahaya yang perlu ditangani secepatnya oleh dokter. Penanganan yang terlambat akan menimbulkan risiko terjadinya komplikasi seperti kerusakan jantung permanen bahkan kematian. Karenanya, jika merasakan beberapa gejala seperti yang telah disebutkan, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi.


Source:

Dilansir dari beberapa sumber