KAKI SERING TERASA DINGIN? WASPADAI PENYAKIT INI!

Saat berada di ruangan ber-AC mungkin wajar jika tubuh akan terasa dingin. Namun Anda perlu waspada jika kaki Anda terasa dingin terus menerus, karena hal ini bisa menjadi tanda adanya penyakit yang cukup serius.

Kaki yang terasa dingin sebenarnya merupakan respon alami untuk mengatur suhu tubuh. Jika sesekali terjadi, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Untuk mengatasinya Anda hanya perlu menghangatkan kaki misalnya dengan memakai kaos kaki. 

Namun Anda perlu mewaspadai jika merasakan kaki yang dingin secara terus menerus. Hal ini merupakan tanda jika tubuh memiliki sirkulasi darah yang kurang baik. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya gaya hidup yang kurang aktif, misalnya seperti duduk secara terus menerus sepanjang hari saat bekerja atau terlalu banyak tidur. 

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok pun juga bisa membuat sirkulasi darah terganggu. Karenanya, aliran darah ke kaki pun menjadi terhambat dan kaki terasa lebih dingin dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. 

Tak hanya itu, kaki yang terasa dingin secara terus menerus bisa jadi merupakan indikasi adanya penyakit dalam tubuh Anda. Berikut ini merupakan beberapa penyakit yang memicu munculnya rasa dingin pada kaki.

Penyakit Raynaud

Penyakit ini terjadi saat aliran darah menjadi sangat berkurang akibat pembuluh darah menyempit. Jika ini terjadi, umumnya penderita akan menjadi pucat dan merasakan dingin pada tangan, kaki, telinga, dan hidung.

Biasanya penyakit ini akan kambuh saat penderitanya berada di dalam kondisi tertentu, misalnya seperti saat terkena suhu dingin atau mengalami stress berat.

Diabetes

Diabetes terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi ini meningkatkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan lemak atau umumnya disebut dengan aterosklerosis. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah yang menuju kaki, maka aliran darah pun akan terhambat sehingga kaki akan terasa dingin.

Tak hanya itu, kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol pun bisa menyebabkan komplikasi diabetes yang berupa kerusakan saraf neuropati. Jika saraf ini terganggu, maka penderita bisa merasakan dingin pada kaki karena saraf yang mendeteksi suhu di kaki tidak bisa berfungsi dengan benar.

Anemia

Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia umumnya disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Biasanya penyakit kurang darah ini menimbulkan keluhan kaki terasa dingin, apalagi jika anemia yang dialami sudah termasuk berat.

Hipotiroidisme

Kondisi ini terjadi saat tubuh kekurangan hormon tiroid yang bertugas untuk mengatur metabolisme tubuh. Padahal metabolisme tubuh lah yang menentukan denyut jantung dan suhu tubuh. Sehingga jika kita kekurangan hormon tiroid dalam tubuh bisa memperlambat sirkulasi darah dan kaki pun menjadi terasa dingin.

Selain beberapa penyakit tersebut, ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan kaki dan tangan terasa dingin secara terus menerus, salah satunya adalah faktor usia. Orang yang berusia lanjut cenderung kehilangan kemampuan untuk mengatur suhu tubuh. 

Selain itu, faktor keturunan dari keluarga dan konsumsi obat-obatan tertentu pun juga bisa memicu munculnya rasa dingin pada kaki Anda. 

Jika kaki Anda terasa dingin sepanjang waktu dan disertai dengan gejala nyeri hingga perubahan warna kulit yang menjadi sangat pucat, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikan penyebabnya dan agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.


Source:

Alodokter.com