TIDAK MENSTRUASI SELAMA TIGA BULAN? LADIES, KENALI APA ITU AMENORE

Bagi para wanita, menstruasi merupakan siklus rutin yang terjadi setiap bulannya, kecuali jika sedang hamil atau telah mengalami menopause. Tapi bagaimana jadinya jika Anda tidak hadi padahal tidak sedang hamil dan belum memasuki usia menopause?

Amenorrhea atau amenore merupakan kondisi di mana seorang wanita tidak mengalami menstruasi meski sudah jatuh tempo sesuai dengan prediksi waktunya. Perubahan siklus menstruasi biasanya disebabkan adanya perubahan hormon yang signifikan atau kondisi kesehatan yang menurun.

Secara umum, terdapat dua jenis amenore, yaitu amenore primer dan amenore sekunder. Amenore primer merupakan kondisi di mana seorang perempuan belum sama sekali mengalami menstruasi pertamanya setelah usia 16 tahun lebih. Umumnya haid pertama remaja perempuan terjadi pada usia 9 hingga 18 tahun, dengan rata-rata usia 12 tahun.

Sementara amenore sekunder adalah kondisi saat seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama tiga hingga enam siklus, padahal sebelumnya sudah pernah menstruasi. Umumnya, amenore sekunder ini lebih sering dijumpai.

Tidak menstruasi selama 3 hingga 6 bulan bisa jadi merupakan tanda jika tubuh Anda sedang mengalami kondisi yang tidak sehat. Amenore dapat terjadi karena berbagai alasan, misalnya seperti penyebab alami, faktor gaya hidup ataupun ketidakseimbangan hormon.

Penyebab Alami

Bisa jadi amenore terjadi karena Anda sedang mengalami kehamilan, menyusui, atau menopause.

Gaya Hidup

Olahraga terlalu berat atau stress pun dapat merusak siklus menstruasi wanita. Selain itu, memiliki lemak tubuh yang terlalu banyak atau terlalu sedikit juga dapat menunda atau menghentikan siklus haid.

Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon biasanya disebabkan karena adanya tumor pada kelenjar hipofisis atau tiroid. Namun juga bisa disebabkan karena rendahnya kadar estrogen atau kadar testosteron yang tinggi dalam tubuh.

Konsumsi Obat Tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu pun turut menjadi faktor terhentinya menstruasi, misalnya seperti obat anti-psikotik, anti-depresan, kemoterapi, dan obat tekanan darah tinggi. Penghentian pil KB secara tiba-tiba pun dapat menghentikan menstruasi selama beberapa siklus sebelum akhirnya normal kembali.

Tidak mengalami haid selama tiga sampai enam bulan berturut-turut bisa jadi merupakan sebuah  tanda adanya sesuatu yang tidak beres pada tumbuh Anda. Karenanya, segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan lebih lanjut.

Sumber:

Hellosehat.com

Popmama.com