WARNA VAGINA SEMAKIN GELAP, WADUH KENAPA TUH?

Bagi perempuan, organ intim atau vagina adalah salah satu hal yang penting dijaga kebersihannya. Mungkin Sobat Sehat sudah tahu ya bahwa bentuk vagina ada bermacam-macam. Tak hanya bentuknya, warna vagina juga bermacam-macam lho, bahkan bisa berubah warna. Umumnya, vagina bisa berwarna pink, merah, atau keunguan. Namun, mungkin sebagian perempuan mengalami keadaan dimana vaginanya berwarna gelap atau menghilang. Kira-kira berbahaya tidak ya?

Penggelapan kulit pada vagina adalah hal yang normal terjadi dan bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun bukan melulu karena faktor kesehatan atau penyakit, kecuali bila perubahan warnanya disertai dengan rasa sakit, membuat tidak nyaman, dan berbau busuk.

Vagina dapat menggelap atau menghitam karena beberapa faktor seperti penuaan, keturunan, kelebihan produksi melatonin, ketidakseimbangan hormon, menggunakan bedak di area vagina, dan juga timbul infeksi. Selain itu, bisa juga disebabkan karena kebiasaan mencukur bulu kemaluan di area vagina, obesitas atau terlalu gemuk, menggunakan sabun pembersih vagina, dan bisa juga karena mengenakan pakaian yang ketat.

Anda tak perlu khawatir bila yang terjadi hanya penggelapan warna kulit vagina saja. Namun, bila disertai dengan rasa gatal, rasa tidak nyaman, nyeri, keputihan, hingga bau busuk, maka segera konsultasikan dengan dokter karena bisa jadi itu adalah tanda infeksi.