INI AKIBATNYA KALO MALES CUCI TANGAN SETELAH DARI TOILET

Setelah buang air kecil dan buang air besar, mungkin sebagian orang merasa malas ya untuk cuci tangan. Padahal, kegiatan cuci tangan setelah buang air kecil dan besar penting sekali lho. Di toilet, terdapat berbagai bakteri, virus, jamur, dan penyakit parasit yang bisa saja hinggap dan menyerang Anda bila tidak cuci tangan. Faktanya, cuci tangan setelah buang air kecil dan buang air besar bisa mengurangi resiko terserang beberapa jenis penyakit, yaitu:

Pertama, Flu Singapura. Penyakit ini disebabkan virus coxsackie dan enterovirus yang menyerupai virus flu, dan disertai dengan terbentuknya bintil berisi cairan yang muncul di area tangan, kaki dan mulut.

Kedua, Hepatitis A. Penyakit hepatitis A adalah jenis infeksi virus yang sangat menular. Gejalanya adalah kelelahan, kulit menguning, urine berwarna gelap, terasa mual, dan juga muntah.

Selanjutnya adalah Shigellosis yang merupakan penyakit yang menular melalui infeksi bakteri. Bila tidak ditangani dengan benar bisa berkembang menjadi disentri, tinja berlendir, darah dan bernanah.

Kemudian, ada juga penyakit giardiasis yang merupakan penyakit parasit usus yang membuat penderitanya merasa perut berisi gas, terasa kram, dan juga diare. Penularannya sangat mudah bisa dari air yang terinfeksi atau dari feses penderita.

Nah, jadi pastikan ya Sobat Sehat mencuci tangan dengan baik dan gunakan sabun serta air bersih ya, terutama setelah menggunakan toilet.