KENALI MENSTRUAL CUP, PENGGANTI PEMBALUT YANG RAMAH LINGKUNGAN

Apakah Sobat Sehat pernah mendengar tentang menstrual cup?

Menstrual cup adalah alat kesehatan dengan bentuk seperti corong minyak dan terbuat dari silikon yang aman bagi tubuh. Menstrual cup ini berfungsi sebagai wadah untuk darah menstruasi dan bisa digunakan berulang kali dengan proses sterilisasi yang tepat. Jenisnya pun ada dua, untuk perempuan yang sudah melahirkan dan belum melahirkan. Ukurannya pun juga beragam. Penggunaan menstrual cup cukup mudah karena bahannya terbuat dari silikon maka bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam liang vagina.

Nah, karena cara penggunaannya ini, banyak perempuan yang masih ragu untuk menggunakan menstrual cup sebagai pengganti pembalut. Kali ini akan saya bahas beberapa fakta tentang menstrual cup.

Pertama, pemakaian menstrual cup berkisar di antara 4-12 jam, namun tidak boleh melebihi 12 jam. Namun, bila aliran darah cukup deras seperti saat hari pertama, maka sebaiknya 2 jam sekali dibuang. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari infeksi.

Kedua, Menstrual cup tidak merusak keperawanan. Vagina dalamnya sekitar 7 cm hingga ke mulut rahim. Posisi selaput dara berada di pinggiran mulut vagina sehingga saat pemasangan menstrual cup akan melewatinya. Namun, pengertian keperawanan adalah ketika belum pernah melakukan hubungan seksual. Jadi, hanya karena memakai menstrual cup maka tidak akan merusak keperawanan seorang perempuan.

Ketiga, menggunakan menstrual cup memang lebih praktis dan hemat karena 1 menstrual cup bisa digunakan hingga 8-10 tahun. Untuk merawatnya, diperlukan sterilisasi dengan air mendidih selama 5-10 menit saat siklus menstruasi sudah usai. Perubahan warna yang terjadi pada menstrual cup tidak membuat alat kesehatan ini tidak bisa digunakan. Selain itu, dengan menggunakan menstrual cup, Sobat Sehat telah membantu mengurangi sampah plastik setiap bulannya.