MAIN GADGET TERUUUUS, APA AKIBATNYA UNTUK ANAK?

Di zaman sekarang, tentunya sangat sulit menjauhkan anak dari gadget. Memang benar bila gadget dapat mempermudah kehidupan manusia. Namun, bila Anda mengenalkan gadget kepada anak sejak dini, ada beberapa bahaya yang mungkin saja terjadi lho. Apa saja?

Pertama, anak bisa menjadi mudah lupa. Terkadang, saat anak rewel, ibu langsung memberikan gadget agar tidak rewel lagi. Meskipun anak tenang, namun akibatnya daya memori anak bisa terganggu lho.

Kedua, warna yang muncul di gadget dapat mempengaruhi kesehatan mata anak. Sebab, kontraksi otot cilliaris di dalam bola mata selalu terjadi hingga menyebabkab akomodasi. Bila terjadi berlebihan, maka akibatnya mata anak menjadi minus sehingga harus menggunakan kacamata.

Selanjutnya, kondisi mental anak bisa terganggu. Paparan gadget yang berlebihan pada anak dapat memicu risiko autisme dan ADHD pada anak. Selain itu, emosinya pun bisa menjadi tidak stabil sehingga risiko depresi dan gangguan kecemasan juga bisa meningkat.

Pola tidur anak juga bisa terganggu bila terus menerus bermain gadget. Bila seharusnya anak memiliki waktu tidur yang cukup, namun berkurang karena bermain gadget, maka keseluruhan pola tidur pun akan terganggu yang berakibat pada tumbuh kembang anak.

Beberapa akibat lainnya adalah anak menjadi lebih agresif dan sulit ditenangkan, menurunkan kemampuan psikomotorik, memicu obesitas, menurunkan kemampuan kognitif, sulit beradaptasi dengan kegiatan baru, jarang berolahraga, dan terpapar radiasi dengan intensitas yang tinggi.

Nah, sebagai orangtua, sebaiknya pastikan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Pastikan untuk selalu disiplin dan tidak mudah memberikan gadget saat anak rewel. Dengan demikian, kesehatan anak pun tidak akan terganggu oleh gadget.