HATI-HATI, NGGAK SEMUA OBAT BOLEH DIGERUS!

Adakah dari Anda yang memiliki kebiasaan menggerus atau mengunyah obat?

Obat terdiri dari berbagai macam bentuk dan rupa. Ada obat yang kecil sekali dan ada juga obat yang seukuran kuku orang dewasa. Jika tidak terbiasa, mungkin Anda tidak bisa menelan obat secara utuh. Ada pula kebiasaan sebagian orang dewasa yang memilih untuk menggerus atau mengunyah obat mereka agar lebih mudah ditelan. Mungkin Anda merasa hal tersebut mempermudah Anda dalam meminum obat. Namun, apakah cara tersebut diperbolehkan?

Tidak banyak yang tahu bahwa setiap obat memiliki aturan minumnya sendiri. Banyak yang tidak mendengarkan nasihat dokter atau apoteker dan memutuskan untuk meminum obat sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Obat yang sudah diresepkan oleh dokter dan disertai aturan minum mereka gerus, dicampur dengan air, dan lain sebagainya. Perlu Anda tahu bahwa obat harus diminum sesuai aturan minumnya. Jika dokter atau apoteker menyarankan untuk ditelan langsung, maka Anda tidak boleh menggerusnya. Begitu juga dengan obat yang harus diminum dalam bentuk kapsul, Anda tidak boleh membuka kapsulnya untuk meminum obat tersebut.

Mengapa Tidak Boleh Menggerus Obat?

Obat-obatan dalam bentuk tablet, pil, atau kapsul memang dirancang dengan bentuk tersebut agar obat-obatan tersebut dapat dicerna pada waktu yang tepat. Ada yang dimaksudkan untuk dicerna di lambung, ada juga yang di usus. Dengan menggerus obat, bisa saja zat aktif yang seharusnya dilepas di lambung menjadi bekerja di kerongkongan atau bahkan di mulut. Oleh karena itulah sebaiknya Anda mengikuti saran dokter tentang cara mengkonsumsi obat agar obat bekerja sebagaimana mestinya.

Efek samping terburuk yang bisa muncul karena Anda menggerus atau mengunyah obat adalah kemungkinan overdosis di awal dan bahkan bisa meningkatkan pengaruh efek samping obat. Jadi, jika Anda memiliki kesulitan untuk meminum obat, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Jangan pernah memutuskan sendiri tentang cara mengkonsumsi obat Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminta alternatif obat dengan kandungan yang sama ke apoteker namun dalam bentuk sirup. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk meminum obat tersebut. 


Sumber: NHS.uk