RIBUAN NYAWA BISA HILANG KARENA MALAS CUCI TANGAN LHO

Setiap tahunnya, 30.000 ibu dan 400.000 bayi meninggal karena terserang infeksi. Infeksi dapat muncul karena serangan bakteri ataupun virus yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Salah satu penularan bakteri atau virus ke tubuh kita adalah melalui kontak langsung dengan sumber bakteri maupun virus. Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi.

Sumber bakteri dapat ditemukan dengan mudah di sekeliling kita. Bahkan, bakteri mungkin bersarang di benda-benda yang selalu kita sentuh setiap harinya. Sebagai contoh, bakteri dapat ditemukan pada smartphone, uang, pegangan tangga, ataupun tombol lift. Tanpa Anda sadari, Anda mungkin sering menyentuh berbagai benda tersebut dan bakteri yang bersarang pun jadi menempel ke tangan Anda. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik bagi Anda untuk membersihkan segera tangan Anda agar bakteri tidak menginfeksi tubuh.

Banyak kasus di seluruh dunia ketika seseorang terserang infeksi bakteri dan virus hanya karena lupa cuci tangan. Selain itu, tidak mencuci tangan akan menjadikan Anda tidak higienis dan bisa berbahaya bagi kesehatan Anda maupun orang di sekitar Anda.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

Bagi ahli medis, tentunya sebelum dan sesudah kontak langsung dengan pasien diwajibkan untuk cuci tangan. Bagi masyarakat umum, ada saat-saat penting dimana Anda sama sekali tidak boleh lupa untuk mencuci tangan, yaitu:

  • Sebelum, saat, dan setelah menyiapkan makanan

  • Sebelum makan

  • Sebelum dan setelah merawat keluarga/orang lain yang sakit

  • Sebelum dan sesudah mengobati luka

  • Setelah menggunakan toilet

  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang selesai buang air

  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.

  • Setelah menyentuh hewan, makanannya, atau kotorannya.

  • Setelah menyentuh sampah.

Setiap selesai melakukan berbagai hal di atas, pastikan Anda mencuci tangan dengan benar. Depkes RI bahkan sudah menerbitkan pedoman mencuci tangan dengan sabun yang pasti akan berguna bagi Anda. Dengan demikian, Anda bisa hidup lebih higienis dan lebih sehat. Apabila tidak ada air untuk mencuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer agar tangan tetap bersih.


Sumber: berbagai sumber