WAJIB TANYAKAN HAL INI SAAT KONSULTASI DENGAN APOTEKER

Saat menebus resep obat di apotek, tentunya Anda akan bertemu dengan apoteker yang akan meracik obat yang Anda tebus. Banyak orang yang cuek dengan keberadaan apoteker saat menebus resep obat. Mereka hanya menyerahkan obat, menunggu, kemudian ketika obat sudah selesai diracik dan mendapat penjelasan mengenai waktu minum obat, mereka langsung pulang. Padahal, saat bertemu apoteker, Anda memiliki kesempatan yang besar untuk tahu lebih banyak mengenai obat yang Anda tebus. Apoteker akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan Anda.

Ketika bertemu dengan apoteker, ada baiknya gunakan kesempatan tersebut untuk berkonsultasi mengenai obat yang harus Anda minum kepada apoteker. Umumnya, apoteker akan menjelaskan kapan Anda harus meminum obat tersebut serta efek samping obat. Mungkin Anda hanya mendengarnya sambil lalu, padahal informasi yang diberikan sangat penting dan berguna bagi Anda. Oleh karena itu, ketika bertemu dengan apoteker, pastikan Anda menanyakan beberapa hal berikut ini agar Anda tidak salah dalam meminum obat.

Apakah Efek Samping Obat Ini?

Tanyakan pertanyaan ini bila Anda ingin tahu tentang efek samping obat yang ingin Anda minum. Dengan demikian, Anda tahu bahwa sebaiknya tidak menyetir setelah meminum obat yang menyebabkan kantuk. Jangan lupa sampaikan jika Anda pernah sakit magh atau alergi, karena bisa jadi hal tersebut akan berpengaruh dengan cara Anda meminum obat.

Bolehkah Saya Meminum Obat A dan Obat B Bersamaan?

Meskipun tidak semua, ada beberapa jenis obat yang memiliki interaksi apabila diminum secara bersamaan. Sebagai contoh, obat yang mengandung asam asetilsalisilat tidak diperbolehkan diminum oleh penderita yang sedang diterapi dengan antikoagulan karena cara kerjanya yang bertolak belakang. Oleh karena itu, bila Anda sedang mengkonsumsi obat selain yang diresepkan oleh dokter, Anda harus menyampaikan kepada apoteker yang meracik obat agar Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Saya Tidak Bisa Menelan Obat, Bolehkah Obat ini Saya Gerus?

Sebagian besar orang mengalami kesulitan saat menelan obat. Kemudian, tanpa bertanya terlebih dahulu, mereka langsung menggerus obat tersebut agar lebih mudah ditelan. Sebaiknya, sebelum memutuskan hal tersebut, ada baiknya Anda bertanya lebih dahulu pada apoteker. Tidak semua obat boleh digerus atau dipecah menjadi dua meskipun Anda mengalami kesulitan dalam meminumnya. Bila Anda bertanya kepada apoteker, Anda akan mendapatkan solusi dalam meminum obatnya, entah mengganti obat dengan yang sirup atau solusi lainnya yang memudahkan Anda untuk meminum obat.

Banyak negara di Eropa yang memasang tarif bagi pasien yang ingin berkonsultasi obat dengan apoteker. Beruntung bagi Anda yang tinggal di Indonesia karena disini terdapat banyak gerai Apotek K-24 yang menyediakan layanan konsultasi obat dengan apoteker secara gratis. Nah, saatnya Anda memanfatkan layanan tersebut untuk berkonsultasi mengenai obat yang Anda konsumsi hanya di Apotek K-24, Sobat Sehat Kita-Kita!


Sumber: Bernadimalik.wordpress.com