YANG KURUS WAJIB WASPADA, DIABETES BISA MENYERANG

Apakah Anda memiliki penyakit diabetes? Sebagian besar orang merasa yakin mereka tidak memiliki penyakit diabetes karena mereka tidak berbadan gemuk atau obesitas. Bagi Anda yang berbadan kurus, jangan senang dulu. Faktanya, diabetes juga dapat menyerang mereka yang bertubuh kurus apabila pola makan tidak dijaga. Kira-kira, apa saja penyebab penyakit diabetes?

Seorang ahli endokrin di Jefferson City, Christoper Case, MD, mengungkapkan alasan yang dapat menjadi penyebab orang kurus terserang diabetes. Menurutnya, penyebab utama seseorang yang berbadan kurus dapat terserang diabetes adalah faktor genetik alias keturunan. Menurut sebuah studi, seseorang yang memiliki anggota keluarga dekat yang menderita diabetes akan beresiko 3x lipat lebih tinggi untuk terserang diabetes. Jenis diabetes yang mungkin menyerang karena faktor genetik adalah diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 1 ini memang merupakan jenis diabetes yang dapat diderita seseorang sejak lahir. Tidak peduli seseorang berbadan gemuk atau kurus, ia dapat terserang diabetes tipe 1 apabila orangtua atau kakak kandungnya sudah terserang diabetes lebih dulu. Tak hanya itu, bila seseorang yang berbadan kurus memiliki perut yang buncit akibat pola makan yang buruk, bukan tidak mungkin ia memiliki lemak yang berlebih di perut. Lemak tersebut dapat mengakibatkan peradangan pada organ hati maupun pankreas sehingga besar juga kemungkinan ia terserang diabetes tipe 2.

Meskipun demikian, bukan berarti diabetes yang menyerang Anda tidak bisa dihindari. Ketika Anda mengetahui bahwa Anda berisiko terserang diabetes, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindarinya. Pertama, batasi asupan karbohidrat. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti nasi putih yang menjadi makanan pokok orang Indonesia dengan alternatif lain seperti nasi merah atau roti gandum. Selanjutnya, memilih camilan yang bergizi juga dapat membantu untuk menghindari diabetes. Asupan lemak sebaiknya juga dibatasi dengan hanya mengonsumsi lemak sehat dari ikan, alpukat, atau kacang-kacangan. Terakhir, pola hidup sehat juga harus diterapkan dengan rajin berolahraga. Dengan demikian, risiko terserang diabetes pun dapat ditekan.


Sumber: Hellosehat.com