PAKAI EARPHONE TERNYATA ADA BATAS WAKTUNYA!

Mungkin sebagian besar dari Anda adalah tipe orang yang senang berkegiatan sambil mendengarkan musik. Namun, kegiatan ini tentunya harus memperhatikan lingkungan sekitar, karena bisa saja ada orang lain yang merasa terganggu dengan musik yang Anda dengarkan. Oleh karena itu, mungkin Anda memilih menggunakan earphone agar suara musik yang Anda dengarkan tidak mengganggu orang lain.

Meskipun demikian, akhir-akhir ini terjadi peningkatan kasus gangguan pendengaran pada remaja yang disebabkan penggunaan earphone yang berlebihan. Terkait hal tersebut, WHO pun mengeluarkan himbauan mengenai berapa lama waktu yang disarankan bagi seseorang untuk menggunakan earphone setiap harinya.

Seperti yang dikutip dari Popular Science, dalam sehari, WHO menyarankan penggunaan earphone hanya 1 jam saja, dengan besaran volume maksimal 60% saja. Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun bila Anda menggunakan volume maksimal untuk mendengarkan musik melalui earphone, akan terjadi perusakan pendengaran meskipun hanya menggunakan earphone selama 4 menit saja, seperti yang diungkapkan oleh Prof. Kathleen Campbell, seorang ahli audiologi dari Southern Illinois University School of Medicine.

Nah, jadi Sobat Sehat, jangan sampai pendengaran rusak karena terlalu lama menggunakan earphone. Sebaiknya, batasi penggunaan earphone hanya ketika dibutuhkan saja.


Sumber: Detik.com