5 KEBIASAAN BURUK YANG SERING DILAKUKAN SETELAH MAKAN DAN AKIBATNYA

Disadari atau tidak, setiap orang memiliki kebiasaan makan yang berbeda-beda. Banyak orang yang merasa makan tidak lengkap bila tidak diikuti dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Ada yang langsung makan buah, merokok, atau sekedar minum teh. Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan setelah makan dan berbahaya. Apa saja kebiasan tersebut?

1, Tidur

Banyak orang yang merasa mengantuk setelah makan. Hal ini wajar karena tubuh mendapat banyak asupan karbohidrat. Namun, meskipun mengantuk bukan berarti Anda harus langsung tidur. Tidur setelah makan bukanlah kebiasaan yang bagus karena dapat menghambat pencernaan makanan yang baru saja masuk ke tubuh.

2. Merokok

Bagi perokok, merokok setelah makan adalah hal yang nikmat dan melengkapi rutinitas makan. Namun, hal ini sangat tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan karena efek yang ditimbulkan sama saja dengan menghisap 10 batang rokok. Tak hanya itu, zat dalam rokok yang terhirup ke tubuh dapat menyebabkan iritasi usus. Bila kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, akan terjadi peningkatan risiko kanker usus dan kanker paru-paru.

3. Minum Teh

Kebiasaan yang satu ini kerap dilakukan oleh orang Indonesia, baik meminum es teh maupun teh hangat. Daun teh bersifat asam dan dapat mempengaruhi proses pencernaan, apalagi bila makanan yang dikonsumsi sebelumnya mengandung banyak protein. Tak hanya itu, meminum teh setelah makan akan mengganggu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Beri jeda selama satu jam setelah makan jika memang ingin minum teh.

4. Mandi

Adakah yang memilih untuk makan dulu sebelum mandi? Kebiasaan makan sebelum mandi ternyata dapat mengakibatkan dampak buruk ke kesehatan tubuh. Pembesaran pembuluh darah dapat terjadi ketika Anda makan sebelum mandi. Hal ini dapat terjadi karena metabolisme tubuh akan meningkat sehingga suhu tubuh naik. Bila langsung diguyur air dingin, akan terjadi efek kejut di permukaan kulit. Selain itu, kram perut juga bisa terjadi bila Anda langsung mandi setelah makan.

5. Makan Buah

Makan buah setelah makan sering dianggap sebagai kebiasaan yang menyehatkan. Padahal, faktanya tidak sepenuhnya benar. Makan buah setelah makan besar mengakibatkan nutrisi yang terdapat di dalam buah tidak mudah dicerna oleh tubuh. Yang benar adalah makan buah dulu saat 1 jam sebelum makan sehingga nutrisinya akan diserap oleh tubuh dengan baik.


Sumber: Grid.id