YUK BUNDA, KETAHUI BEDANYA MUNTAH DENGAN GUMOH

Memiliki bayi khususnya yang berusia di bawah 6 bulan tentunya membuat orang tua merasa cemas dan khawatir bila bayinya menunjukkan gejala yang tidak biasa. Salah satu hal yang sering terjadi pada bayi yang baru lahir adalah gumoh.

Perlu diketahui bahwa gumoh berbeda dengan muntah. Saat gumoh, cairan hanya mengalir lewat mulut saja, sementara saat muntah, cairan menyembur dari mulut.

Gumoh sering terjadi pada bayi karena fungsi saluran pencernaan pada bayi belum berfungsi dengan baik, salah satunya pintu antara kerongkongan dan lambung belum sempurna sehingga apa yang dikonsumsi bayi menjadi mudah kembali ke atas.

Bila si kecil gumoh, orang tua tidak perlu khawatir. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, maka sistem pencernaannya pun semakin matang sehingga frekuensi gumoh pun makin lama makin berkurang. Normalnya, 80% bayi berusia di bawah 1 bulan akan mengalami gumoh setidaknya 1-4 kali sehari. Pada usia 5-6 bulan, presentasenya pun menurun menjadi 40%. Ketika bayi sudah berusia 12 bulan, presentasenya semakin menurun menjadi hanya 3-10% saja.

Berbeda dengan gumoh, ketika bayi muntah dan menyemburkan cairan dari mulutnya, maka perlu dilihat gejala lainnya yg terjadi pada bayi, seperti suhu tubuh yang panas atau bayi menjadi rewel. Bila hal tersebut terjadi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak agar segera diketahui penyebabnya