SERING MIMPI BURUK? CEK APA YANG KAMU MAKAN SEBELUM TIDUR!

Tidur adalah satu-satunya kesempatan yang dimiliki otak dan tubuh untuk istirahat. Penting bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup dan nyaman agar badan lebih segar ketika terbangun. Sering terjadi ketika Anda sedang tidur, Anda merasa gelisah dan mengalami mimpi buruk. Saat mengalami mimpi buruk tentunya Anda akan merasa tidak nyaman, dan esoknya badan justru merasa lelah. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu kebugaran tubuh Anda.

Jika Anda merasa sering mengalami mimpi buruk, mungkin Anda harus menilik ulang jenis makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur. Ternyata, menurut sebuah penelitian yang berjudul Dreams of the Rarebit Fiend: Food and Diet as Instigators of Bizarre and Disturbing Dreams (Nielsen & Powell, 2015), apa yang Anda makan sebelum tidur bisa mempengaruhi mimpi Anda. Bahkan, ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan mimpi buruk, lho! Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang akan membuat Anda bermimpi buruk.

Makanan Pedas

Makanan pedas memang terasa lezat bila dikonsumsi. Namun, mengkonsumsi makanan pedas sebelum tidur sangat tidak dianjurkan. Makanan pedas akan meningkatkan suhu tubuh sehingga bisa mengganggu aktivitas otak. Selain itu, tubuh Anda akan memerlukan usaha ekstra untuk mencerna makanan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengalami mimpi buruk saat tidur. Bila Anda sudah terlanjur memakan makanan pedas, Anda bisa memberi jeda selama 6 jam sebelum tidur.

Makanan Manis

Tidak diragukan lagi bila makanan manis seperti coklat,permen, atau kue memang sangat lezat untuk dikonsumsi. Namun, mengkonsumsi makanan manis sebelum tidur sangat tidak dianjurkan. Seperti yang kita ketahui, gula cenderung memberi energi yang lebih pada tubuh sehingga bisa membuat Anda terjaga. Selain itu, makanan yang mengandung coklat juga tidak disarankan karena mengandung kafein yang bisa menyebabkan mimpi buruk karena gelisah saat tidur.

Roti dan Pasta

Mungkin banyak dari Anda yang memilih roti dan pasta sebagai sumber karbohidrat tubuh. Tidak banyak orang yang tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung tersebut sebelum tidur bisa menyebabkan mimpi buruk. Pasalnya, makanan yang mengandung karbohidrat tersebut akan diubah menjadi glukosa dalam tubuh sehingga efeknya akan sama dengan makanan manis. Oleh karenanya, kedua jenis makanan ini tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Keripik Kentang

Wah, pasti Anda sangat menyukai cemilan yang satu ini, apalagi bila dimakan sambil nonton film di malam hari. Sayangnya, meskipun enak, keripik kentang termasuk jenis makanan yang bisa menyebabkan mimpi buruk lho. Kenapa? Keripik kentang mengandung minyak dan garam yang bisa mengacaukan aktivitas otak. Tentunya ini akan memicu munculnya mimpi buruk yang tidak Anda inginkan. Jadi, pilih cemilan lain sebelum tidur, ya!

Soda dan Alkohol

Meskipun tidak termasuk makanan, kedua jenis minuman ini juga tidak bisa meningkatkan kualitas tidur, lho. Ada banyak zat aditif yang terkandung di dalam soda yang bisa menimbulkan mimpi buruk saat Anda tertidur. Sementara itu, meskipun banyak orang yang percaya bahwa alkohol bisa membantu mereka untuk tidur lebih cepat, faktanya Anda justru akan mudah terbangun apabila tidur setelah mengkonsumsi alkohol. Bahkan saat terbangun Anda akan merasakan stres karena tidur yang kurang nyaman dan mimpi buruk yang menyerang.

Wah, banyak juga ya jenis makanan yang bisa menyebabkan mimpi buruk. Lalu, sebaiknya makan apa ya sebelum tidur? Hmm, tenang saja, Sobat Sehat. Agar kualitas tidur Anda meningkat, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi, seperti pisang, almond, nanas, dan yang terutama adalah susu. Bila Anda mengalami susah tidur atau kurang nyaman saat tidur, ada baiknya Anda mengunjungi dokter dan mengkonsultasikan masalah Anda agar mendapatkan solusi yang tepat.


Sumber:

Psychologytoday.com

Dreams.co.uk