POSISI TIDUR TERBAIK UNTUK ANDA, BISA LAWAN ALZHEIMER!

Tidur adalah masa dimana badan dan otak dapat beristirahat. Agar badan sehat, seseorang harus mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, tidur juga harus nyenyak agar tidak badan terasa segar saat terbangun. Tidak banyak yang tahu bahwa posisi tidur ternyata juga dapat berpengaruh bagi kesehatan. Sebagian orang mungkin menyukai tidur dengan posisi telentang atau miring. Namun sebenarnya, posisi tidur yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan adalah posisi tidur miring kiri. Apa saja manfaatnya?

1. Mencegah Maag

Tidur dengan posisi miring ke kiri akan memaksa asam lambung untuk masuk ke lubang perut. Dengan demikian, asam lambung tidak akan berbalik arah ke kerongkongan. Oleh karena itu, penyakit maag dapat dicegah dengan posisi tidur ini.

2. Mengurangi Dengkuran

Sebagian orang mendengkur saat tidur. Bila tidur dalam posisi miring ke kiri, saluran pernapasan akan lebih lega sehingga otot lidah dan tenggorokan berada di posisi yang netral.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Berbaring dengan posisi miring ke kiri juga disebut dapat membantu mengatasi masalah pencernaan karena beban pada liver semakin berkurang.

4. Membersihkan getah bening

Menurut seorang ahli ayurveda, John Douillard, sisi kiri tubuh merupakan sisi limfatik yang sangat dominan. Dengan tidur pada posisi miring kiri, racun pada tubuh akan lebih mudah dibuang dari kelenjar getah bening.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Saat tidur dengan posisi miring ke kiri otak akan lebih mudah dalam menyaring limbah yang dapat menyebabkan gangguan berbagai penyakit. Bahkan, kabarnya penyakit Alzheimer dapat dicegah dengan tidur pada posisi miring ke kiri.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sepanjang malam, terkadang Anda tidak menyadari apa yang terjadi pada tubuh. Padahal, bila Anda tidur dengan posisi miring kiri pembuluh vena cana akan tertekan sehingga pasokan darah ke sisi jantung juga lebih banyak.

7. Pembuangan Limbah

Tidur pada posisi miring kiri akan sangat membantu tubuh untuk membuang limbah. Kolon yang menjadi lokasi pembuangan limbah terletak di sisi kiri. Dengan berbaring ke kiri, gravitasi akan mempercepat proses pembuangan limbah ke kolon.


Sumber: Kompas.com