RAJIN NGE-GYM? DUH, HATI-HATI SARANG BAKTERI TERNYATA ADA DI GYM!

Menjaga kondisi tubuh agat tetap fit perlu melakukan olahraga rutin. Namun ditengah padatnya aktivitas ditambah dengan malasnya menuju lapangan atau area publik untuk olahraga, banyak orang kini memilih tempat ngeGym untuk olahraga. Berbagai alat olahraga dapat dipakai dengan sepuasnya. Tetapi satu hal yang perlu diperhatikan adalah alat-alat tersebut dipakai bergantian. 

Menurut studi terbaru merilis bahwa peralatan gym ternyata menyimpan lebih banyak bakteri dibandingkan toilet umum. Hampir 90% terbukti sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Sehingga rajinlah untuk melakukan cuci tangan sebelum dan setelah menggunakan alat-alat gym demi mencegah berkembangnya bakteri.

Berikut beberapa alat gym yang mengandung bakteri terjahat, dirilis oleh Times Of India :

Treadmill

Coba perhatikan, berapa lama orang menghabiskan waktu di atas treadmill, berlari-lari dengan keringat yang menetes ke alat tersebut. Bahkan, handuk yang dibawa untuk menyeka keringat kerap diletakkan di side bar atau permukaan treadmill, membuatnya sangat tidak higienis. Karena itu, treadmill menjadi tempat berkembang biak bakteri yang bisa menyebabkan infeksi kulit dan pnuemonia.

Dumbbell

Dumbbell juga salah satu alat gym yang berkuman. Dumbbell yang dipenuhi bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai infeksi, beberapa dari bakteri bahkan tahan antibiotik. Melakukan sanitasi setiap kali menggunakan beban tersebut mungkin bukan solusi untuk masalah ini. Jadi, pastikan cuci tangan setelah menggunakannya.

Matras Yoga

Penggunaan matras yoga juga ditengarai mengandung banyak bakteri. Usai melakukan yoga, tentu tubuh berkeringan dan lengket. Itu meninggalkan jejak yang sangat tidak sehat. Cara terbaik adalah menghindari penggunaan matras dari gym alias bawa matras yoga sendiri.


Sumber : detik.com