WARNA URIN TAK SEPERTI BIASANYA? WAH, KESEHATANMU MUNGKIN BERMASALAH!

Kunjungan ke dokter sering menjadi hal yang menyeramkan bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang merasa takut untuk ke dokter karena mereka khawatir akan diagnosa yang mungkin akan diberikan oleh dokter. Ya, melalui pemeriksaan dokter, Anda akan mengetahui berbagai kondisi kesehatan maupun perubahan yang terjadi pada diri Anda. Namun, ternyata Anda juga bisa mengetahui kondisi kesehatan meskipun tidak berkunjung ke dokter, lho. Caranya adalah dengan melihat warna air kencing atau urin Anda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan pada urin yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda.

1. Ada Darah Pada Urin

Saat sedang kencing lalu Anda menyadari bahwa terdapat darah dalam urin Anda, segera periksakan ke dokter sesegera mungkin. Munculnya darah pada urin bisa disebabkan oleh latihan fisik yang terlalu keras atau karena obat. Namun, bisa juga karena berbagai penyakit yang serius seperti ginjal, prostat yang membengkak, kanker kandung kemih, atau anemia.

2. Warna Pekat

Urin bisa berubah warnanya tergantung apa yang Anda makan. Saat makan buah naga merah, mungkin urin akan berwarna kemerahan. Begitu juga saat makan vitamin C, urin akan berubah warna menjadi kuning cerah. Bila Anda kekurangan air putih pun urin juga menjadi lebih pekat warnanya. Bila Anda tidak merasa mengkonsumsi apapun yang bisa merubah warna urin tapi warna urin Anda berwarna aneh, segera periksakan ke dokter.

3. Bau Menyengat

Banyak hal yang bisa mempengaruhi bau urin Anda seperti makanan, vitamin, dan juga buah. Jika Anda meminum kopi, kemungkinan besar urin Anda pun akan beraroma kopi. Namun, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan urin berbau menyengat seperti saat terserang diabetes, infeksi kandung kemih, infeksi ginjal, gagal jantung, dan masih banyak lagi. Bila urin Anda berbau menyengat dan tidak hilang meski berhari-hari, segera periksakan ke dokter.

Nah, bila Anda merasakan berbagai keadaan di atas, jangan menunggu untuk periksa ke dokter. Dokter Anda akan membantu Anda untuk mendapatkan solusi dari berbagai masalah tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kesehatan Anda.


Sumber: Webmd.com