HAYOOO SIAPA SERING PANASKAN MAKANAN BERKALI-KALI? WAJIB HATI HATI!

Pernahkah Anda memanaskan makanan berkali-kali? Kebiasaan ini memang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga karena terkadang masakan tidak bisa habis dalam sekali makan. Tentu Anda juga pernah mengalaminya. Nah, Sobat Sehat, ternyata memanaskan makanan hingga berkali-kali sangat tidak dianjurkan oleh ahli gizi, lho. Kenapa ya?

Menghangatkan makanan atau agar makanan tidak terbuang sia-sia sebenarnya tidak baik dan berdampak pada kandungan gizi dari buah atau sayuran dalam sup. Konsultan Gastrohepatologi Anak, Frieda Handayani Kawanto mengatakan "Sup yang dipanaskan berkali-kali akan membuat kandungan serat dan vitamin hancur. Jangankan sup, bayam saja kurang baik juga dipanaskan berkali-kali,". 

Frieda juga menjelaskan bahwa makanan ada yang baik dipanaskan dan yang dimakan mentah, misal tomat yang bisa dilakukan keduanya. Saat dipanaskan kandungan tomat yaitu Likopen semakin berkhasiat yang berguna melindungi dan memperbaiki kerusakan tubuh. Tetapi kandungan Vitamin C akan berkurang jika dipanaskan berkali-kali dalam olahan sup. 

Nah, tentunya setelah mengetahuinya, akan lebih baik bila Anda tidak mengulang kebiasaan ini. Sebaiknya, masak masakan yang habis dalam sekali makan saja. Atau, pilih bahan-bahan yang tidak akan berkurang kandungannya meski sudah dimasak lama. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehilangan nutrisi.

Sumber : liputan6.com