EITS, JANGAN TAKUT MATAHARI! MANFAATNYA BISA CEGAH KANKER!

Masyarakat Indonesia seringkali menghindari sinar matahari karena takut kulitnya menjadi gosong atau terbakar. Oleh karena itu, meskipun cuaca sedang panas-panasnya, banyak orang yang cenderung memilih memakai pakaian lengan panjang, topi, hingga sarung tangan. Meskipun sering dihindari, penting bagi Anda untuk tahu berbagai manfaat sinar matahari bagi tubuh.

Lebih Subur

Bagi perempuan, manfaat sinar matahari yang pertama adalah meningkatkan kesuburan. Perempuan disebut-sebut lebih mudah hamil saat musim panas dibanding musim lainnya karena adanya efek vitamin D dari sinar matahari yang dapat meningkatkan kesuburan perempuan.

Melawan Penyakit Kulit

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata sinar matahari justru dapat mengobati penyakit kulit seperti jerawat, eksim, maupun psoriasis, seperti yang diungkapkan oleh direktur medis CosmedicsUK, Dr. Ross Perry.

Membantu Diet

Nah, bila Anda sedang diet, sebaiknya jangan menghindari sinar matahari. Vitamin D yang ada pada sinar matahari ternyata dapat membantu mendorong penurunan kadar lemak tubuh. Artinya, diet Anda akan terbantu bila Anda sering bermandikan sinar matahari. Selain itu, radiasi sinar UV juga digadang mampu menekan perkembangan obesitas dan diabetes tipe 2.

Mencegah Kanker

Tak hanya berbagai manfaat di atas, bahkan vitamin D yang ada pada sinar matahari justru memiliki peran yang aktif untuk mencegah kanker. Tentunya hal ini baik bukan?

Panjang Umur

Yang terakhir, menurut sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti Swedia selama 20 tahun kepada 30.000 perempuan, mereka yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari ternyata memiliki usia lebih panjang dan hidup dengan bahagia dibanding dengan mereka yang jarang beraktivitas di bawah sinar matahari.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaatnya! Nah, mulai sekarang luangkan waktu setidaknya 20 menit setiap pagi untuk beraktivitas di bawah sinar matahari agar Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Tentunya hidup Anda akan lebih sehat!


Sumber: Grid.id