INFORMASI OBAT PARKINSON

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

dengan hormat,

saya mohon informasi obat untuk ayah saya (58 tahun) yang saat ini mengidap penyakit parkinson. dari awal diagnosa terkena parkinson, ayah saya selalu bergantung dengan meminum obat namanya levazide/leparson.

kalau tidak minum obat tersebut katanya badan tidak ada tenaga/ lemas sehingga harus selalu sedia obat tersebut.

apakah ada alternatif untuk obat penyakit tersebut selain leparson/levazide yang sekiranya lebih baik. atau ada tips untuk penyakit ini?

terimakasih atas jawabannya.

Jawaban tentang "Informasi Obat Parkinson"

Salam sehat Bp. Rama,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Menjawab pertanyaan Anda mengenai pengobatan penyakit parkinson, berikut kami berikan sedikit ulasan mengenai penyakit tersebut.


Perlu Anda ketahui, penyakit parkinson merupakan degenerasi sel syaraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Dengan kata lain, penyakit ini termasuk dalam penyakit gangguan syaraf.


Penyakit ini ditandai dengan munculnya gejala awal seperti merasa lemah  atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh dan gemetar halus pada salah satu tangan saat beristirahat. Gejala tersebut terus berlanjut dan menimbulkan gejala lain seperti : tremor makin parah dan menyebar, otot terasa kaku dan tidak fleksible, pergerakan menjadi lambat, berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh. Selain gejala fisik, penderita parkinson juga akan mengalami gejala psikologis seperti depresi, insomnia, kehilangan indra penciuman, cemas, hingga menurunnya daya ingat.


Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan parkinson. Penanganan penyakit parkinson, saat ini hanya ditujukan untuk meringankan gejalanya saja agar penderita dapat beraktifitas dengan normal. Penanganan penyakit ini dapat berupa fisioterapi, pemberian obat-obatan, hingga tindakan operasi. Jenis obat-obatan yang digunakan dalam terapi adalah obat-obat golongan Levodopa, domapine agonist, Monoamine oxidase-b inhibitors (MAO-B), dan Cathecol-O-methyltransferase inhibitor (COMT), yang dosis terapinya ditentukan oleh dokter.


Pemberian obat alternatif untuk mengatasi penyakit parkinson pada ayah Anda, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis syaraf atau dokter yang menangani terapinya. Sedangkan untuk membantu meringankan gejala penyakit tersebut, berikut tips yang dapat Anda terapkan :

  1. Menjalani fisioterapi untuk membantu mengatasi kekakuan otot dan juga mengurangi rasa nyeri pada persendian, serta melatih kemampuan dan stamina agar penderita dapat beraktifitas sendiri tanpa bergantung pada orang lain.
  2. Mengatur pola makan. Penderita parkinson biasanya mengalami konstipasi, sehingga untuk mengatasinya dapat dengan banyak mengkonsumsi air putih dan konsumsi makanan yang berserat. Jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi penderita, yang dapat dikonsultasikan dengan ahli/pakar gizi.
  3. Terapi wicara pada penderita yang mengalami masalah dalam berbicara.


Segala terapi bagi penderita parkinson, sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis yang berkompeten.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih.

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR