MIALGIA

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Assalamualaikum Wr. Wb...
saya ingin menanyakan tentang penyakit yang dialami oleh ibu saya,,belakangan ini sering mengalami sakit dibagian punggung tapi rasa sakitnya menembus di dada & lebih tepatnya lagi di Payudara...

Setelah dibawa ke dokter diagnose awal adalah Mialgia tetapi kata dokter jika tidak ada perubahan maka akan di EKG..

Obat yang diberikan PCT, Ranitidin, B Complex & As.Mefenamat..
yang ingin saya tanyakan kira-kira obat apa yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut & penyakit yang diderita oleh ibu saya itu apa??

Dulu saya juga pernah mengalami hal yang sama tetapi kata orang itu cuma masuk angin karena sering tidur berhadapan dengan kipas angin

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih!!!

Jawaban tentang "Mialgia"

Dear Sdri. Yulia

Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker

Mialgia adalah istilah lain dari nyeri otot, yang disebabkan oleh ketegangan atau kelelahan otot, beberapa penyakit menular (seperti influenza), atau penyakit autoimun. Obat-obatan penurun kadar kolesterol seperti Statin memiliki efek samping mialgia. Hal ini khususnya terjadi  ketika pasien mulai mengkonsumsi obat tersebut atau ketika dosisnya mulai dinaikkan. Nah, apakah Ibu Anda mengkonsumsi statin dan sudah menyampaikan kepada dokter?

Selain itu, mialgia juga bisa terjadi karena kekurangan vitamin, salah satunya Vitamin B12 yang berperan dalam produksi sel darah merah, perkembangan saraf, dan metabolisme karbohidrat, lemak, serta protein. Kekurangan vitamin ini tidak hanya dapat menimbulkan mialgia, namun juga mengarah pada gangguan kesehatan yang lebih serius.

PCT dan asam mefenamat yang diresepkan bertujuan untuk mengobati nyeri yang timbul akibat mialgia. Vitamin B Complex untuk mencukup kebutuhan vitamin B12. Dan Ranitidin mungkin diberikan karena ibu Anda mengalami masalah nyeri pencernaan / lambung.

Untuk mendukung terapi, olahraga ringan secara teratur yang didahului dengan peregangan dapat membantu meringankan mialgia terutama pada individu yang kurang aktif bergerak.

Apabila tidak ada perubahan signifikan dengan kondisi ibu anda setelah minum obat, ada baiknya anda mengkonsultasikan kembali kondisi ibu anda kepada dokter.

Terima kasih semoga bermanfaat. 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR