SEPUTAR JERAWAT DAN PERAWATANNYA

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Dear,
Saya punya keluhan jerawat besar-besar di wajah (cenderung mirip bisul). Sudah mencoba perawatan antara lain Hayfa dan LBC tetapi tidak cocok, malah merah dan kulit menipis.
Setahun belakangan sudah tidak melakukan perawatan lg, tp sekarang sedang muncul jerawat meradang seperti bisul dan bekasnya menghitam,
Obat minum dan cream jenis apa yang sebaiknya digunakan?
terima kasih

Jawaban tentang "Seputar Jerawat dan perawatannya"

Salam sehat Sdr/i Aini,

Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Jerawat yang menyerupai bisul merupakan jerawat akut atau jerawat yang meradang dan mengalami infeksi. Umumnya, munculnya jerawat ini disebabkan oleh faktor hormonal dan penanganan jerawat yang kurang tepat. Misalnya, cara membersihkan wajah yang salah, produk kosmetik yang tidak cocok, dan kebiasaan memencet jerawat sendiri.


Faktor hormonal, berupa gangguan pada hormon androgen di dalam tubuh yang memicu produksi kelenjar minyak berlebih. Minyak (sebum) yang menumpuk akan berkolaborasi dengan sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran yang menempel di wajah, kemudian menyebabkan penyumbatan pada kelenjar minyak, pori-pori kulit, dan folikel rambut. Penyumbatan tersebut lama-lama akan menimbulkan peradangan (inflamasi). Yang memperparah, apabila kelenjar minyak terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat.


Jerawat yang meradang ada yang bernanah dan ada pula yang tidak. Jika Anda selama ini memiliki kebiasaan memecahkan jerawat sendiri, nanah yang keluar akan menyebarkan kuman penyebab jerawat ke area kulit di sekitarnya. Selain itu, kebiasaan memencet jerawat akan meninggalkan bekas jerawat berupa noda kehitaman hingga scar (bekas luka cembung ataupun cekung) yang sulit dihilangkan.


Selain dengan pengobatan dari luar menggunakan produk khusus untuk kulit berjerawat, kondisi jerawat yang meradang dan bernanah memerlukan antibiotik (baik yang diminum maupun yang dioles) untuk menghilangkan kuman penyebabnya.


Sebagai upaya pencegahan, bersihkan wajah dengan produk yang tepat setiap kali habis bepergian keluar rumah, hindari terllau sering makan makanan yang berminyak dan pedas, minum air putih yang cukup, perbanyak makan sayur dan buah, dan hindari kebiasaan memencet jerawat karena akan memperburuk kondisi jerawat dan bekas yang sulit hilang. Untuk mendapatkan terapi dan pengobatan yang tepat, ada baiknya Anda berkonsultasi lagi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin yang concern terhadap masalah jerawat.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Produk terkait :

Acnes Sealing Jell , Verile Acne Gel , Activ Clear Nutrica , Nourish Beauty Care Acne Gel , Acnes Creamy Wash , Verile Acne Facial Wash

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR