OBAT UNTUK EKSIM

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Dokter, saya sudah 2 tahun leher dan jari kaki saya terkena eksim, sudah bermacam-macam obat salep kulit (warung) saya gunakan, adakah obat yg pas buat penyakit saya, utk pertimbangan eksim yg saya derita adlh eksim kering...terima kasih

Jawaban tentang "Obat untuk Eksim"

Salam sehat Bp. Wibowo,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker. Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Berdasarkan penyebabnya, eksim atau dermatitis atopik terdiri dari berbagai macam, ada eksim alergi, eksim bawaan, eksim akibat stres, atau eksim karena kontak dengan bahan iritan seperti zat kimia, zat pelarut, sabun, deterjen, parfum, produk perawatan kulit, dan lain-lain.


Untuk mengurangi gatal pada eksim, dapat diberikan obat golongan antihistamin atau antialergi dan juga krim atau salep dengan kandungan kortikosteroid. Apabila anda menggunakan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid, sebaiknya oleskan setipis mungkin hanya pada bagian yang membutuhkan saja. Pada eksim yang telah mengalami infeksi sekunder bakteri atau kuman dan / atau jamur, kadang perlu diberi juga obat oral atau suntikan terutama bila eksim telah meluas.


Akan tetapi, sebelum menggunakan produk-produk tersebut, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan diberikan terapi pengobatan yang tepat.


Kemudian, untuk mengurangi keparahan dan kekambuhan eksim, hindari faktor resiko eksim dengan cara : gunakan produk kulit yang berlabel hipoalergenik, gunakan sabun yang bersifat ringan (mild), mandi atau berendam 1-2 kali sehari (jangan terlalu sering dan jangan gunakan air panas agar kulit tidak semakin kering), gunakan pelembab khusus agar kulit tidak terlalu kering, jangan memakai pakaian yang terbuat dari wol, dan hindari kontak dengan zat-zat iritan.


Selain itu, kendalikan stres emosional, dan sedapat mungkin jangan keseringan menggaruk atau menggosok kulit karena dapat menyebabkan kulit menebal dan berwarna lebih gelap, serta mudah mengalami komplikasi.


Terima kasih, semoga bermanfaat.


Produk terkait :

Lotion / pelembab mild : Noroid Lotion 200ML
Lotion / pelembab mild & hipoalergenik : Physiogel Lotion 200ML
Salep Eksim : Apolar CR 10G, Ikaderm 0.05% Oint

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR