OBAT

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Salep untuk penyakit vetiligo apa ya?

Jawaban tentang "obat"

Salam sehat Ibu Dyah,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.

 

Vitiligo adalah gangguan pigmentasi dimana melanosit (sel yang membentuk pigmen) di area kulit hancur / rusak. Sebagai hasilnya, terdapatlah bercak putih yang muncul pada kulit di berbagai bagian tubuh.


Penyebab pasti dari vitiligo sendiri masih belum diketahui. Selain diduga karena faktor keturunan, vitiligo diperkirakan merupakan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh seseorang, dimana sengatan sinar matahari, stres, dan emosi dapat memicu terjadinya vitiligo.


Pengobatan atau terapi untuk mengatasi vitiligo merupakan tindakan jangka panjang dan harus rutin dilakukan. Jenis terapi tersebut antara lain terapi secara medical (obat), operasi, dan terapi tambahan. Jenis terapi yang diberikan akan tergantung dari banyaknya bercak putih di tubuh, lokasi, ukuran, dan seberapa luas penyebarannya. Hal ini disebabkan karena masing-masing individu memiliki respon yang berbeda-beda terhadap jenis terapi tertentu.


Pada terapi medical (obat), jenis terapi yang biasanya diberikan adalah terapi topikal , yaitu dengan pemberian salep yang mengandung steroid dan psoralen (fotokemoterapi). Anda juga dianjurkan untuk memakai tabir surya guna melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain itu, tingkatkan daya tahan tubuh anda dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat, serta konsumsi suplemen multivitamin yang tepat bila perlu.


Untuk pengobatan vitiligo sendiri, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebabnya, sehingga dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih.


Produk terkait :


Asthin B-ond kapsul , Ever-E kapsul , Lycoxy

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR