MENGHILANGKAN KELOID

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

yth. pak/bu
saya punya keloid bekas luka ditangan yg bertumbuh terus, sudah diobatin dengan disuntik kenacort tp tetep tumbuh..apa ada obat lain yg bisa menghentikan pertumbuhannya?? (saat ini sudah tidak disuntik lagi)

terima kasih

Jawaban tentang "Menghilangkan Keloid"

Salam sehat Ibu Ratih,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh karena proses penyembuhan yang berlebihan dan tidak juga mengecil seiring perjalanan waktu. Munculnya keloid pada bekas luka dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya : faktor usia (keloid lebih mudah timbul pada usia di bawah 30 tahun), warna kulit (seseorang dengan warna kulit gelap, memiliki potensi lebih besar untuk timbulnya keloid pada luka), jenis kulit, ukuran dan kedalaman luka, serta cara perawatan luka (perawatan pencegahan keloid sebaiknya diberikan sesegera mungkin setelah luka mengering).

 

Selain itu, faktor keturunan juga bisa mempengaruhi munculnya keloid pada anggota keluarga yang lain. Perlu anda ketahui, keloid merupakan kelainan yang sering kambuh kembali meskipun telah berhasil dihilangkan. Oleh karenanya, penanganan keloid harus disesuaikan dengan ukuran keloid itu sendiri.

 

Keloid yang berukuran kecil biasanya cukup ditangani dengan krioterapi (bedah beku). Keloid yang berukuran sedang biasanya cukup efektif ditangani dengan suntikan kortikosteroid. Sedangkan, penanganan dengan operasi dikombinasi dengan suntikan kortikosteroid atau terapi lain merupakan pilihan terbaik saat ini untuk menangani keloid yang berukuran cukup besar atau yang kambuh dan sulit diatasi.

 

Akan tetapi, tindakan-tindakan medis tersebut sebaiknya dilakukan atas petunjuk dan di bawah pengawasan dokter. Untuk penanganan yang tepat sesuai dengan keloid anda, saran kami, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Agar dapat diberikan terapi atau tindakan medis yang tepat untuk mencegah munculnya kembali keloid tersebut.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Terima kasih. 


Produk terkait :


Madecassol ointMederma Gel Dermatic Ultra  Minol drop

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR