KUTIL

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Saya punya kutil di bagian leher sebelah kiri dan kanan namun tidak terlalu besar. Apakah bisa dihilangkan dengan obat atau harus dengan operasi? Jika bisa dengan obat, apa nama obatnya dan cara pemakaian agar hilang. Terimakasih

Jawaban tentang "Kutil"

Salam sehat Bp. Vincent,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Dalam dunia medis, yang dimaksud dengan kutil atau papilloma adalah benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit. Selama benjolan tersebut tidak membesar dengan cepat, tidak menimbulkan luka, berdarah dan bernanah, serta tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, maka kutil tersebut masih termasuk kategori jinak.

 

Ada lebih dari 50 jenis kutilyang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi yang paling sering muncul adalah di bagian tangan dan kaki. Tumbuhnya kutil ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Meski begitu, tidak semua orang yang kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalan tubuhnya. Kutil dapat menular melalui kontak langsung dengan permukaan kulit seseorang yang terinfeksi dan dapat menyebar melalui kulit terinfeksi yang pecah.

 

 

Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap lama. Pada kutil yang masih kecil, dapat diberikan cairan asam salisilat (tersedia dengan merk dagang : Callusol). Akan tetapi, pada kutil yang telah membesar, pengobatannya adalah dengan tindakan operasi. Untuk tindakan operasi, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat ditentukan tindakan penanganan yang tepat berdasarkan keluhan anda.

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Produk terkait :


Callusol

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR