CARA MENGATASI KAPALAN ATAU MATA IKAN TANPA OPERASI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

bagaimana cara mengatasi penyakit kapalan atau mata ikan tanpa operasi? apakah di apotek K24 ada obat nya? trims

Jawaban tentang "Cara mengatasi kapalan atau mata ikan tanpa operasi"

Dear Sdri. Henni,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Kapalan dan mata ikan merupakan gangguan kulit yang cukup mengganggu aktivitas dan penampilan. Kapalan (kalus) biasanya disebabkan oleh tekanan dan gesekan pada kulit yang berlebihan dan terus-menerus dalam waktu yang lama. Kapalan biasanya banyak dijumpai di daerah telapak kaki terutama tumit dan telapak tangan.


Beberapa faktor atau kondisi yang dapat menyebabkan kapalan antara lain : memakai sepatu yang sempit / kekecilan memakai sepatu hak tinggi, memakai sepatu dengan alas yang tipis dan tanpa kaos kaki, orang dengan berat badan berlebih sehingga tekanan pada kaki lebih besar, dan berjalan tanpa alas kaki.


Sementara, mata ikan (clavus) biasanya disebabkan karena masuknya benda asing seperti kayu atau debu ke dalam kulit - dalam istilah Jawa-nya “tlusupen” - yang tidak dikeluarkan / dihilangkan. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kulit di sekitarnya akan menebal, mengeras, dan memiliki bintik pusat seperti jerawat yang menimbulkan rasa nyeri bila ditekan. Inilah yang membedakan kapalan dengan mata ikan.


Selain dengan cara operasi atau bedah minor, penanganan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kapalan dan mata ikan, antara lain dengan merendam kulit menggunakan air hangat dan sabun, kemudian menggosok bagian kulit yang tebal dengan batu apung atau sabut khusus untuk kulit. Sebaiknya pengikisan kulit yang menebal ini dilakukan secara rutin. Selain itu, anda juga dapat menggunakan cairan asam salisilat (merk dagang Callusol). Asam salisilat bersifat keratolitik, yang dapat mematikan sel-sel kulit yang menebal sehingga lebih mudah dikelupas.


Mata ikan yang sulit dihilangkan dengan cara tersebut mau tidak mau harus dikikis melalui upaya bedah minor untuk mengambil sumber penyebab nyeri. Akan tetapi, membedah mata ikan sebaiknya tidak dilakukan sendiri, melainkan oleh dokter atau tenaga medis yang berkompeten. Terutama jika anda memiliki riwayat penyakit medis tertentu seperti diabetes atau kelainan darah perifer.


Selalu menjaga kelembaban dan kebersihan daerah kaki, menggunakan alas kaki yang nyaman, pas, dan memiliki bantalan pelindung kaki, merupakan cara yang tepat untuk mencegah kambuhnya kapalan dan mata ikan.


Sebagai informasi, anda dapat mendapatkan Callusol di gerai-gerai Apotek K-24 terdekat. Selain itu, anda juga dapat memesan produk tersebut melalui apotek online obat24 dengan cara mengunjungi website www.obat24.com, cari produk yang anda inginkan, klik tombol beli dan ikuti langkah mudahnya.


Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Produk terkait :


Callusol

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR