KAPALAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Dear Bp/Ibu Apoteker,

Telapak kaki saya kapalan kok nggak hilang2 ya,, sudah coba saya obati dengan Callusol setiap hari, tapi hanya mengelupas sedikit trus menebal lagi. Padahal saya ngga pernah pakai high heel atau sepatu kesempitan yang kata banyak orang bisa memicu kapalan. Apakah cara berjalan mempengaruhi? Adakah solusi untuk menghilangkan kapalan dan mencegahnya supaya ngga muncul lagi? Trima kasih.

Jawaban tentang "Kapalan"

Dear Sdri. Nana,

Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Kapalan atau dalam istilah kedokteran disebut dengan Cullus merupakan penebalan yang terjadi pada bagian kulit. Kapalan ini biasanya banyak menyerang bagian tangan dan telapak kaki. Kapalan dapat muncul karena terlalu sering terjadi penekanan dan juga gesekan secara terus-menerus dan berulang pada tempat yang sama, sehingga lama-kelamaan terjadi penebalan kulit di bagian tersebut.

Penebalan kulit ini sebenarnya merupakan respon alamiah tubuh untuk melindungi kulit agar tidak terluka oleh gesekan dan penekanan yang terjadi secara berulang-ulang. Jadi, kapalan tidak hanya disebabkan karena pemakaian high heels atau karena sepatu yang kesempitan saja, tapi juga karena aktifitas yang intens dilakukan seperti pemakaian sepatu setiap hari, serta cara berjalan pun dapat mempengaruhi apabila dipusatkan pada satu titik tumpu saja.

Pada dasarnya, kapalan tidak berbahaya, sehingga tidak perlu khawatir hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan anda. Namun, kami mengerti bahwa kapalan memang cukup mengganggu penampilan. Apabila penggunaan callusol tidak memberikan hasil yang cukup signifikan, anda dapat mencoba cara berikut ini : rendam kaki anda dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit, kemudian gosok kaki anda yang kapalan menggunakan batu apung; berikan pelembab pada bagian kaki yang berpotensi menimbulkan kapalan; jangan sekali-sekali menggunting kapalan menggunakan gunting atau alat lain yang tidak steril untuk menghindari infeksi.

Pada kondisi dimana kapalan benar-benar mengganggu dan tidak bisa dihilangkan dengan cara tersebut, maupun dengan penggunaan obat callusol, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar dapat diberikan pengobatan dan perawatan yang tepat sesuai kondisi kulit anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Produk terkait :

Kanna Cream
- Footis Cream

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR