EKSEMA

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

obat apa yang harus di pakai untuk penyakit eksim kering yang sudah cukup lama dan selalu terasa gatal bila terkena angin malam

terimakasih

Jawaban tentang "Eksema"

Dear Bp. Bogar,

Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Eksema atau Dermatitis atopik adalah suatu penyakit kulit kronik yang tidak menular. Seringkali dermatitis atopik muncul pada masa bayi dan anak-anak, namun adakalanya juga muncul pada orang dewasa. Gejala yang sering muncul  berupa rasa panas dan gatal pada kulit, terutama di malam hari. Apabila terus digaruk, bisa menyebabkan kulit meradang, iritasi dan tidak jarang terjadi infeksi.

Seperti yang anda sampaikan, anda merasakan kulit anda terasa gatal bila terkena angin malam. Itu disebabkan karena cuaca dingin merupakan salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya iritasi dan gatal. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi adalah zat kimia, zat pelarut, sabun, deterjen, parfum, produk perawatan kulit, asap, udara kotor, keringat, kulit kering dan stres.

Perawatan yang dapat anda lakukan untuk mencegah kambuhnya dermatits atopik, antara lain : apabila kulit anda termasuk jenis kulit kering atau mudah mengalami dermatitis atopik, sebaiknya gunakan produk kulit yang hipoalergenik, gunakan sabun yang bersifat ringan (mild), mandi atau berendam 1-2 kali sehari ( jangan terlalu sering agar kulit tidak semakin kering), gunakan pelembab khusus agar kulit tidak terlalu kering, jangan menggunakan pakaian yang terbuat dari wol dan hindari kontak dengan zat-zat iritan seperti deterjen, dan lain-lain, kenali dan kendalikan stres emosional, cuci pakaian dengan deterjen yang bersifat ringan (mild detergent, tanpa zat pemutih atau pelembut pakaian), dan sedapat mungkin jangan menggaruk atau menggosok kulit karena dapat menyebabkan kulit menebal dan berwarna lebih gelap, serta mudah mengalami komplikasi.

Untuk mengurangi gatal pada dermatitis atopik, dapat diberikan antihistamin dan antialergi, juga dapat diberikan salep dengan kandungan kortikosteroid. Apabila anda menggunakan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid sebaiknya hanya mengoleskan setipis mungkin, hanya pada bagian yang membutuhkan saja.

Pada kondisi anda sekarang ini, dimana dermatitis atopik yang anda alami sudah cukup lama,sebaiknya anda memeriksakan kondisi anda ke dokter spesialis kulit agar dokter dapat memberikan terapi yang tepat sesuai kondisi anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Produk terkait : Benoson Cr , Benoson-N Cr , Elox Cr, Alloris 10mg tab ,Claritin 10mg tab

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR