EFEK SAMPING OBAT

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Pak/Bu, saya mau tanya tentang efek samping obat moxigra,polamec,lerzin,deksametas

Jawaban tentang "efek samping obat"

Salam sehat Bp. Jarot,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Moxigra dengan komposisi Amoxicillin, merupakan antibiotika yang memiliki efek samping : reaksi hipersensitivitas, reaksi alergi berat termasuk edema angioneurotik, anafilaksis, mual, muntah, dan superinfeksi. Pada prinsipnya, dalam pengobatan dengan antibiotika sebaiknya diberikan hingga tuntas untuk mencegah resistensi. Akan tetapi bila muncul reaksi alergi setelah pemberian antibiotika, sebaiknya pengobatan segera dihentikan dan berkonsultasi ulang dengan dokter untuk terapi penggantinya.


Polamec dengan komposisi Dexchlorpheniramine maleate, merupakan antialergi yang memiliki efek samping : mengantuk, urtikaria, ruam akibat obat, syok anafilaktik, fotosensitifitas, keringat berlebih, menggigil, kekeringan pada mulut, hidung dan tenggorokan, reaksi kardiovascular, hematologic, neurologic, gangguan lambung, saluran kemih, dan saluran nafas.


Lerzin dengan komposisi Cetirizine HCl, digunakan untuk mengatasi rhinitis parenial, rhinitis alergi yang bersifat musiman, dan urtikaria idiopatik kronik. Efek samping lerzin : sakit kepala, pusing, mengantuk, agitasi, mulut kering, dan rasa tidak enak pada lambung.


Dexametas (mungkin yang anda maksud adalah Dexamethasone), digunakan pada keluhan alergi, penyakit kolagen, reumatik, leukemia dan limfoma, syok, penyakit pernafasan, gangguan hematologic, edematous. Obat ini memiliki efek samping : retensi air dan garam, edema, hipertensi, amenore, hiperhidrosis, gangguan mental, pankreatitis akut, osteonekrosis, lemah otot, sindrom cushing, gangguan penglihatan, atrofi lokal, nafsu makan meningkat, dan pertumbuhan terlambat.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih.

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR