BATUK BERDAHAK

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

sudah 1 minggu mengalami batuk, berdahak, sudah ke dokter belum kunjung reda, dari dokter ada antibiotik amox, kmd ada ambroxol, histapan, ketricin,cumtusi sir, sanmol, ada tambahan fg troches,

malah sekarang cenderung batuk berdahak, untuk asupan vitamin yang alami yg boleh apa ya ?

Jawaban tentang "Batuk Berdahak"

Salam sehat Ibu Ari,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.



Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan. Batuk bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit tertentu atau karena reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan (misal : karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya). 


Batuk berdahak biasanya terjadi karena adanya infeksi atau alergi. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu karena menyebabkan batuk yang terus menerus. Karena itu, untuk mengatasi batuk berdahak, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengeluarkan dahaknya.


Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik atau ekspektoran berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Pada kondisi ini, obat yang anda konsumsi untuk membantu mengeluarkan dahak sudah tepat. Namun, apabila setelah mengkonsumsi obat tersebut, batuk anda tidak mengalami perubahan (frekuensinya tidak berkurang atau tidak menunjukkan gejala kesembuhan), sebaiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter. Agar dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap dahak anda dan dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat, sesuai dengan hasil laboratorium anda.


Selain itu, untuk membantu mengatasi batuk berdahak dan membantu pengeluaran dahak, sebaiknya anda banyak mengkonsumsi air putih, hindari makanan atau minuman yang dapat memicu batuk (gorengan, es, minuman bersoda, minuman dengan pemanis, dan sebagainya), istirahat yang cukup (orang dewasa membutuhkan istirahat 6-8 jam perhari), olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai, dan konsumsi vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda (pilihlan vitamin yang mengandung vitamin C atau antioksidan). Untuk membantu melegakan tenggorokan, anda juga dapat mengkonsumsi permen seperti Fisherman, Strepsil, Wood's Lozenges atau Konidin Lozenges.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Produk terkait :


OB HerbalXanthonin  Vitalong C  Fisherman  ,Bisolvon Ext Syrup

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR